Cari Blog Ini

Rute Menuju Mata Air Sri Mulih / Mata Air Ngreneng Gunungkidul

Destinasi wisata gunungkidul semakin hari semakin lengkap dan semakin banyak bermunculan dan terekspos ke masyarakat luas.

Tidak hanya wisata pantainya saja Gunungkidul populer ke dunia luar namun masih banyak lagi destinasi kawasan wisata yang wajib anda kunjungi dikala ke kabupaten Gunungkidul ini, menyerupai hal nya kawasan wisata yang satu ini yakni Mata Air Sri Mulih atau masyarakat setempat menyebutnya Mata Air Ngreneng atau Kali Ngreneng.

Mata Air Sri Mulih ini yakni wisata tampungan air dan air tersebut berasal dari mata air alami, Mata Air Ngreneng ini terletak di dusun Wediutah, desa Ngeposari, kecamatan Semanu, Gunungkidul.

Rute Menuju Mata Air Sri Mulih / Mata Air Ngreneng Gunungkidul

Dari kota Yogyakarta Mata Air Sri Mulih atau Ngreneng ini berjarak kurang lebih 60km, dan sanggup di tempuh 1 jam 30 menit perjalanan mengunakan kendaraan pribadi.

PENTING!! Menuju ke Mata Air Sri Mulih ini sebaiknya memakai kendaraan sepeda motor Karena medan masih sangat sempit apabila memakai mobil. Selain itu di lokasi wisata belum tersedia kawasan parkir.

Yogyakarta > jalan wonosari (ringroad ketandan) > perempatan sampan > pertigaan piyungaan > Bukit Bintang > Patuk > sambipitu > hutan bunder > gading (lapangan udara) > ada pertigaan ambil arah kiri menuju arah kota wonosari > playen > Bundaran siono (lurus aja) > Pemerintah Daerah Kota wonosari > pasar hargosari wonosari > pertigaan lurus aja menuju semanu > Polres Gunungkidul > ada Perempatan Lurus aja > ada perempatan masih lurus menuju semanu > perempatan semanu ( lampu merah) > lurus aja menuju pasar binatang semanu > Polsek Semanu > lurus dan mulailah jalan pelan ( sesudah menemukan masjid di kanan jalan ada kanal kekiri jalan cor blok ikuti ) > Lurus aja sambil melihat papan petunjuk arah ke Mata Air Sri Mulih > sesudah jalan menanjak kemudian turun > ada pertigaan ambil arah kanan > lihat plakat arah Kali Ngreneng > Mata Air Sri Mulih atau Kali Ngreneng.

Nb. Jika merasa gundah dengan rute silahkan tanya kepada penduduk setempat, asal kita sopan penduduk niscaya ngasih tau.

Pesona Keindahan Mata Air Sri Mulih atau Sungai Ngreneng

Keindahan Mata Air Sri Mulih sudah tak lagi di ragukan lagi, pesona indahnya yang masih sangat alami dan belum terlalu ramai ini menciptakan kita sanggup menenangkan pikiran sesudah kita capek akan rutinitas.

Keindahan Kali Ngreneng ini Airnya yang masih jernih dan kebiru-biruan dan suasananya sekitar yang masih hijau royo-royo. Suara burung di sekitar kali ngreneng ini sungguh terasa hati ini menyatu dengan alam.

Kali Ngreneng ini yakni tampungan air yang pribadi dari mata air alami yang dahulunya di gunakan untuk mencukupi kebutuhan konsumsi air di padukuhan Wediutah. Sumber mata air ini berasal dari Goa Kecil yang berada di lokasi Kali Ngreneng ini.

Perjalanan menuju ke kali ngreneng ini masih tidak mengecewakan sulit sesudah ada plakat selamat dating di kali Ngreneng sebaiknya kendaraan kita parkir di situ dan pastikan anda mengunci kendaraan anda Karena belum ada tukang parkirnya. Karena harus menempuh jalan kaki dan letaknya di dasar lembah, jikalau demam isu penghujan biasanya jalan masih sangat becek dan licin. Perjuangan untuk hingga ke sungai perlu menguras tenaga namun usaha yang melelahkan ini akan di bayar lunas dikala kita hingga di Mata Air Sri Mulih ini akan di bayar lunas dengan keindahannya.

Mata Air Ngreneng ini mepunyai kedalaman sekitar 2 meter namun untuk di bab tepinya tidak terlalu dalam. Kaprikornus tidah perlu kawatir bagi anda yang tidak sanggup berenang sanggup bermain air di tepian saja. Air di kali ini masih sangat segar dan hambar sekali Karena di lingkungan yang masih rindang akan pepohonan.

Konon Mata Air ini saking bersihnya sanggup pribadi di minum mentah loh kata penduduk disini, apakah anda berani mencoba hehe J. Kali ngreneng ini juga konon memiliki dongeng bila kali ini dahulunya tidak ada, semenjak zaman sunan kali jaga dahulu membutuhkan mata air untuk masyarakat setempat , sunan duduk dan berdoa di sekitar lokasi kemudian beberapa waktu air murni keluar dari dalam bumi.

Wisata Mata Air Sri Mulih ini masih gratis belum ada tiket masuk dan parkir. Kaprikornus jikalau mau dating kesini bagi anda pecinta trekking sebaiknya membawa bekal dan pastinya jangan membuang sampah dan merusak alam sekitar. Silahkan berwisata menikmati keindahan alam Gunungkidul dan anda sanggup mengabadikan dengan foto namun jangan meninggalkan yang sekiranya merusak alam Gunungkidul. Selamat berwisata.
Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Mata Air Sri Mulih / Mata Air Ngreneng Gunungkidul"