Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Puthul Goreng Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul

Puthul Goreng Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul





Gunungkidul selain sebagai kawasan wisata yang tersohor di kota Yogyakarta, Gunungkidul juga populer akan masakan khasnya yang ekstrim namun bikin ketagihan.


Banyak masakan khas yang di suguhkan oleh kabupaten Gunungkidul ini sebagai buah tangan wisatawan, namun tidak hanya masakan buah tangan biasa banyak orang menyebutnya masakan ini tak lazim di konsumsi.


Namun di tangan warga Gunungkidul ini masakan yang di agap tidak layak menjadi sangat yummy dan bikin ketagihan lho, tidak hanya walang goreng dan juga Enthung namun ada satu lagi masakan yang perlu Anda coba dan ga kalah lezatnya dari walang Goreng lho, yakni Puthul.



Puthul merupakan hama bagi para petani Gunungkidul. Biasanya Puthul muncul pada ketika awal demam isu penghujan atau pada ketika tanaman padi ketika berumur 1 bulanan.


Cikal bakal binatang Puthul ini bekerjsama dari uret yang menyer4ng akar tanaman padi dan sesudah uret biasanya akan bermetamorfosis kepompong sesudah itu gres jadilah Puthul dan Puthul bertelur di tanah dan begitu seterusnya siklus perkembangan Puthul.




Tidaklah sulit untuk mencari dan men4ngkap binatang yang yummy ini yakni ketika matahari terbenam sekitar jam 6 sore binatang ini akan bermunculan dan biasanya makan di dedaunan pohon pisang, sengon, kancu dll.


Jika ingin mencari tinggal goyangkan pohonnya kemudian Puthul akan berjatuhan. Hewan yang berwarna coklat ini sangat yummy apabila di masak dan rasanya sebelas dua belas dengan belalang lho.


Mau tahu cara masaknya, cara masak Puthul bekerjsama hanya gampang dan sederhana menyerupai halnya memasak belalang lho. Yakni bersihkan Puthul dengan cara di rendam di air Pan4s supaya kotorannya keluar.


Setelah itu Puthul di bacem dengan bumbu bacem sesudah bumbu dirasa meresap selanjutnya tinggal di Goreng garing dan Puthul siap untuk di makan.



Putul Paling Cocok di santap sebagai lauk Pauk dan paling pas dengan nasi pulen hangat serta sambel bawang. Gurih, renyah serta cantik menciptakan masakan Puthul ini menjadi menciptakan orang ketagihan alasannya ialah muncul hanya setahun sekali.


Banyak perantau warga Gunungkidul yang mengutarakan kerinduannya pada masakan khas yang satu ini. Sayang Puthul ini tidak banyak yang menjual menyerupai belalang.


Jika Anda ingin mencoba masakan ekstrim yang yummy satu ini silahkan tiba saja ke kabupaten Gunungkidul pada ketika awal demam isu penghujan ya, dan nikmati rasa yummy dari masakan Puthul ini dapat buat lauk Pauk maupun camilan.
Tag : kuliner
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Puthul Goreng Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul"

Back To Top