Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Pantai Kerikil Lumbung Gunungkidul


Rute Menuju Pantai Watu Lumbung Gunungkidul



Gunungkidul mempersembahkan kualitas wisata yang sangat menawan, tak hayal wisatawan lokal maupun mancanegara kini memburu segala sektor wisata dari kabupaten paling timur dari kota Yogyakarta ini.



Banyak tempat wisata bermunculan yang di gali dari masyarakat dan pemerintah daerah mirip pantai yang satu ini Pantai Watu Lumbung. Pantai watu lumbung ini tergolong dalam kategori tempat wisata gres yang sedang dalam masa pengembangan.


Pantai Watu Lumbung terletak di dusun Ngelo, desa Balong, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Pantai Watu Lumbung -8.185547,110.700082


Pantai Watu Lumbung Berdekatan dengan Pantai Wediombo, Gunung Api Purba Batur dan Yang lagi ekspresi dominan kini ialah bukit pengilon




Rute Menuju Pantai Watu Lumbung


Dari kota Yogyakarta Pantai Watu Lumbung ini berjarak kurang lebih 90km dan sanggup di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan


Penting!! Pantai Watu Lumbung Berdekatan dengan Pantai Wediombo jadi untuk mempermudah rute Anda silahkan lihat petunjuk arah Pantai Wediombo


Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari. (perempatan Ketandan) > perempatan Sampaan > pertigaan Piyungan > Bukit bintang > Patuk. > Sambipitu > Bunder > Gading > Siono > Wonosari > Jl. Baron > Mulo > Tepus > Purwodadi > pertigaan ke pantai siung (lurus saja) > Balong > Jepitu ( ada pasar di pertigaan Jepitu ambil arah kanan kalau menuju Pantai Wediombo) > Setelah TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) sebelum hingga di pantai Wediombo belok ke kanan ke arah jalan cor blok ( lihat plakat menuju arah pantai Watu Lumbung dan juga gunung api purba Batur) ikuti jalan cor blok tersebut melalui ladang-ladang penduduk > ambil arah kiri (lihat plakat arah pantai Watu lumbung, gunung api purba Batur, bukit pengilon) > Pantai Watu Lumbung


Nb. Pantai Watu Lumbung ini juga sanggup di saluran melalui kelurahan Balong menuju selatan melalui jalan cor blok

Baca Juga : PESONA BUKIT PENGILON .


Pesona Pantai Watu Lumbung


Pantai Watu Lumbung ini di kalangan wisatawan masih tergolong baru. Dan pemerintah setempat desa Balong dikala ini tengah mempromosikan Pantai ini ke khalayak ramai. Pantai watu Lumbung tidak hanya satu-satunya yang gres di daerah desa Balong ini melainkan ada Pantai Nampu, Bukit Pengilon, dan Juga Gunung Api Purba Batur.


Pemandangan Pantai Watu Lumbung sebelumnya belum pernah Anda lihat di pantai-pantai Gunungkidul lainnya alasannya ialah pantai ini memiliki daya tarik tersendiri. Pantai ini letaknya berada di kaki Gunung Api Purba Batur sehingga untuk hingga di Pantai Watu Lumbung harus menuruni bukit.


Perjalanan ke Watu Lumbung tidak semudah yang di bayangkan. Memerlukan tenaga ekstra keras apalagi dikala pulangnya. Sesampainya di tempat Parkir usaha tidak hanya hingga sini teman traveler namun harus perlu usaha lagi.


Dari mulai jalan yang sangat terjal yang belum tersentuh aspal hingga hingga parkiran sudah membutuhkan usaha ekstra. Lanjut dengan trekking dengan kondisi rute yang menurun terjal.


Masih dalam kondisi jalan setapak, dan belum ada pembangunan mirip cor semen masih memakai tumpukan watu dan tanah liat untuk aksesnya. Dari atas parkiran sudah kelihatan sangat manis sekali pantai ini. Ingin rasanya segera hingga di bawah untuk menikmati panorama alamnya.


Menuruni jalan setapak ini haruslah hati-hati jangan hingga teman wisatawan tergelincir yah. Selain itu medannya dengan kanan kiri jurang yang tidak mengecewakan dalam, sesampainya di tengah perjalanan kita sanggup istirahat sejenak sambil minum di warung dan juga ada toilet bagi yang ingin basuh muka.


Dari bersahabat warung minum kita niscaya sudah tidak sabar lagi untuk segera turun alasannya ialah melihat indahnya pantai dan juga jalan setapak mirip menyatu sekali dengan alam Girisubo.


Saat melanjutkan perjalanan kita perlu meningkat kan kehati-hatian kita alasannya ialah kanan dan kiri jalan setapak ialah jurang yang sangat dalam sekali. Makara lebih baik kita konsentrasi dulu yah.


Sampai di bawah pantai Watu Lumbung ini ternyata tidak mirip pantai pada umumnya di kabupaten Gunungkidul ini, disini pinggiran pantai di timbuhi rumput hijau dan pohon Cemara yang berjajar.


Pantai Watu Lumbung ini juga di penuhi dengan watu besar-besar dan watu koral mirip bekas watu letusan gunung berapi, tidak ada hamparan pasir putih yang luas di pantai Watu Lumbung ini hanya watu koral yang tersusun rapi karya alam.


Kalau kita menginjakkan sisi timur dari pantai Watu Lumbung ini kita sanggup menemukan sedikit pasir putih namun perlu hati-hati ya dikala melewati watu koral tadi alasannya ialah sangat licin sobat aku aja tergelincir dan tangannya hingga memar.


Tau ga sih Watu Lumbung itu apa???


Pantai ini namanya cukup unik ya, alasannya ialah ingin tau kami mencari tahu ternyata Watu Lumbung ini berasal dari bahasa Jawa yakni watu yang mirip lumbung. Lumbung sendiri artinya tempat menyimpan gabah dikala jaman dahulu kala. Makara watu ini mirip lumbung sehingga masyarakat setempat menamai Pantai Watu Lumbung.


Watu Lumbung letaknya sedikit menjorok 50 meter dari bibir pantai, jika  air maritim surut dan memungkinkan kita sanggup nyebrang dan melihat-lihat dengan dekat. Watu Lumbung ini sangatlah besar mirip gunung dan kita sanggup berjalan dengan mengitarinya.


Di Watu Lumbung ini juga di manfaatkan oleh penduduk setempat untuk memasang perangkap lobster dan juga kepiting lho jadi kalau beruntung kita sanggup membelinya langsung.


Di Pantai Watu Lumbung juga sering di buat aktivitas mirip camping lho, bagi yang hobi camping sanggup juga lho nyoba di pantai ini.

Fasilitas di pantai ini belum terlalu lengkap hanya ada warung kecil dan toilet jadi lebih baik membawa bekal sendiri ya. Dan tiket masuk ke pantai ini cukup membayar Rp.5.000 dan ongkos parkir murah bukan.
Selamat berwisata :)
Tag : pantai
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Pantai Kerikil Lumbung Gunungkidul"

Back To Top