Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Nuansa Keindahan Goa Jlamprong Gunungkidul

Nuansa Keindahan Goa Jlamprong Gunungkidul Ayo Berwisata di Jogja Nuansa Keindahan Goa Jlamprong Gunungkidul

Nuansa Keindahan Goa Jlamprong Gunungkidul




Mempunyai daerah wisata yang selalu bermunculan dan masih alami adalah kabupaten Gunungkidul. Tidak hanya wisata pantainya yang mulai populer namun wisata goanya ibarat yang lagi banyak di gemari oleh para wisatawan adalah Goa Jlamprong.



Goa Jlamprong ini terletak di dusun Mojo, desa Ngeposari, kecamatan Semanu, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Goa Jlamprong -8.011409,110.677382


Goa Jlamprong ini merupakan wisata di dalam goa dan wisatawan di suguhi dengan pemandangan yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya ibarat stalagtit dan stalagmit yang berkilau bagaikan emas, selain itu kita juga sanggup melihat bahwa goa ini masih sangat alami dengan bukti masih banyak kelelawar yang berada di dalam goa.


Wisata di dalam Goa Jlamprong ini merupakan wisata caving horisontal dengan panjang rute jelajah di dalam goa sekitar 1 km dan biasanya kita menghabiskan waktu di dalam goa sekitar 1 jam sampai 2 jam.


Wisata Goa Jlamprong ini juga berdekatan eksklusif dengan Embung Jlamprong yang belum usang di resmikan dan masih tergolong wisata gres di desa Ngeposari ini.





RUTE MENUJU GOA JLAMPRONG GUNUNGKIDUL



Dari kota Yogyakarta Goa Jlamprong berjarak kurang lebih 60km dan sanggup di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam 30 menit.


Yogyakarta > Ringroad Ketandan > jl. Wonosari > perempatan Sampaan (lurus aja) > pertigaan Piyungan (lurus aja) > Bukit bintang > Patuk > Sambipitu > Bunder > Gading (lapangan terbang) > Siono > Wonosari (kota) > Pemerintah Daerah > Pasar Wonosari > Baleharjo > Semanu > Ngeposari > sehabis balai desa Ngeposari belok ke kanan ( lihat plakat ) > Goa Jlamprong


NB. JIKA MASIH BINGUNG SILAHKAN BERTANYA PADA WARGA SETEMPAT


PESONA GOA JLAMPRONG


Desa wisata di Mojo, Ngeposari ini semakin hari semakin populer di kalangan wisatawan dan banyak di kunjungi oleh wisatawan. Pesona Desa Wisata ini selain memperlihatkan wisata Goa namun juga kita di suguhkan Wisata Embung.

Nuansa Keindahan Goa Jlamprong Gunungkidul Ayo Berwisata di Jogja Nuansa Keindahan Goa Jlamprong Gunungkidul




Ketika kita ingin mulai masuk kedalam Goa ada yang menarik sekali dari mul*t Goa Jlamprong ini yakni adanya pohon besar sempurna di depan Goa ini, saat kita mulai masuk tercium aroma khas di dalam goa yakni lembab dan bacin dari kot*ran kelelawar.


Dari Suaranya begitu banyak kelelawar yang masih terjaga ekosistim nya di dalam Goa ini. Ketika kita sudah di dalam Goa kita harus Tracking dan melihat suasana yang begitu indah di dalam Goa Jlamprong ini.

Nuansa Keindahan Goa Jlamprong Gunungkidul Ayo Berwisata di Jogja Nuansa Keindahan Goa Jlamprong Gunungkidul

Stalakmit dan Stalaktit begitu indah yang berkilau bagaikan emas murni. Namun kita hanya boleh melihat dan mengambil gambarnya (foto) di area stalagmit dan stalagtit dan sangat di larang untuk memegang alasannya di kawatirkan sanggup merusaknya.


"Konon katanya saat kita menengadah air dari Stalagtit dan untuk mencuci muka sanggup infinit muda dan di lancarkan rezekinya"


Namun itu hanya kata orang jaman dulu, kita hanya mengamini atas kehendak Yang Mahakuasa pada hidup kita.


Susur Goa Jlamprong selain kita di pandu oleh pemandu wisata kita juga di lengkapi pengaman ibarat helm, sepatu, pelampung dll.


Wisata di Goa Jlamprong ini sangat kondusif sekali bagi wisatawan alasannya Goa ini berbeda dengan Goa Jomblang yang vertikal namun hanya horisontal.


Goa Jlamprong ini berdekatan eksklusif dengan Goa Sinden dan juga Goa Gesing dan ini menjadi paket wisata yang di tawarkan oleh Pokdarwis goa Jlamprong.




Asal Usul Goa Jlamprong

Asal undangan Goa Jlamprong ini konon dahulu kala goa ini daerah sumber air bagi warga setempat. Dulu kala saat ada seorang nenek yang ingin mengambil air untuk keperluan makan dan minum di dalam goa. Tak disangka di dalam goa terdapat binatang ibarat harimau yang sedang kesakitan. 


Lalu konon nenek ini bersedia mengobati sang harimau Jlamprong ini namun dengan syarat harimau tersebut jangan mengganggu anak cucunya, begitu pula sang harimau Jlamprong ia mengajukan syarat tidak akan mengganggu anak cucunya asalkan mereka tidak merusak habitat ku. Nah itu lah asal undangan mengapa Goa ini dinamakan Goa Jlamprong.


Tiket dan Fasilitas

Ber Wisata ke Goa Jlamprong ini sebaiknya bahu-membahu keluarga atau sobat alasannya berasa asyik saat kita melaksanakan susur Goa. Selain itu untuk tarifnya per orang Rp. 35.000 dan mendapat akomodasi ibarat pengamanan susur goa dan mendapat masakan juga minuman sehabis susur goa.
Untuk Fasilitas di daerah ini masih minim, jadi lebih baik membawa bekal sesuai dengan impian pengunjung.


Pesan dari penulis jangan merusak alam di sekitar ya kita hanya sanggup melihat dan mengambil foto saja. Selamat berwisata :)
Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Nuansa Keindahan Goa Jlamprong Gunungkidul"

Back To Top