Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Embung Gunung Panggung Ponjong Gunungkidul Yogyakarta

Embung Gunung Panggung Ponjong Gunungkidul yogyakarta Ayo Berwisata di Jogja Embung Gunung Panggung Ponjong Gunungkidul Yogyakarta

Embung Gunung Panggung Ponjong Gunungkidul Yogyakarta

Gunungkidul memang kaya akan tempat wisata, bahkan banyak wisata gres yang di buka untuk menyedot wisatawan ke gunungkidul. Ada hal yang gres di daerah Ponjong ini ialah Embung Gunung Panggung atau sering disebut Embung Tambakromo yang berada di puncak gunung menyerupai Embung Batara Sriten, namun di Embung gunung panggung ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Embung Gunung Panggung terletak di dusun Klepu, desa Tambakromo, kecamatan Ponjong, kabupaten Gunungkidul. Titik Koordinat GPS Embung Gunung Panggung Ponjong -7.908985,110.769747

Embung Gunung Panggung ini terletak di atas ketinggian dan berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa tengah, asal muasal nama Embung Gunung Panggung ini sebab bentuk puncak gunung ini luas menyerupai lapangan sepak bola dan berada di atas ketinggian jadi kaya panggung-panggung pentas itu deh kira-kira. Karena letaknya berada di ketinggian kita sanggup melihat pemandangan yang berada di sekitar lokasi.

Dari kota Yogyakarta berjarak 70km dan sanggup di tempuh dengan 1jam 30menit perjalanan memakai kendaraan pribadi, berikut rute untuk menuju Embung Gunung Panggung Ponjong paling efektif,

Yogyakarta > Ringroad jl.Wonosari > Piyungan > Patuk (bukit bintang) > Sambipitu > Bunder > Gading (lapangan terbang) ambil kiri menuju kota Wonosari > Siono (lurus aja ke arah kota Wonosari) > Pemerintah Daerah Wonosari > Pasar Wonosari > Polres wonosari > Perempatan Baleharjo (ambil kiri menuju terminal selang) > perempatan selang ambil arah ke kanan atau ketimur menuju karangmojo  atau Ponjong > Wiladeg > Perempatan Srimpi lurus (pasar karangmojo) > Proliman Ponjong belok kiri arah Sumbergiri > Sekolah Menengah kejuruan Muh Ponjong > Desa Sumbergiri (ada pertigaan Sawahan ke kanan) > Desa Tambakromo > ada pertigaan Sebelum Pasar Jimbaran ambil arah kekiri > Embung Gunung Panggung Ponjong

Penting!!! Gunakan kendaraan yang betul-betul prima dan bila Anda gundah jangan lupa untuk bertanya kepada warga setempat.

Jam 2an kami merencanakan untuk "dolan" ke Embung Gunung Panggung sesudah menempuh perjalanan yang cukup jauh kami sudah hingga di kecamatan Ponjong dan kami mulai bertanya kepada warga rute ke Embung Gunung Panggung ini sesudah kami mengikuti petunjuk dari warga kami sudah hampir hingga dengan tanda jalan yang naik tajam dan di perlihatkan gunung yang besar, jalan corblok ini akan menuntun kami hingga puncak gunung panggung, Medan yang kita lewati cukup ekstrim sebab tanjakan yang tinggi dan hanya jalan corblok, jalan corblok disini tidak semua jalan yang di cor namun hanya cukup untuk roda namun ada dua adegan bilah kiri dan kanan.

Untuk melalui Tanjakan ini baiknya sebelum berangkat cek kendaraan dahulu semoga selalu keadaan prima dan juga untuk rem nya sebab sulitnya medan, sesudah hingga di parkiran pengunjung kami memarkirkan kendaraan kami dan di lanjutkan dengan berjalan kaki, sebab lokasi Embung yang berada di gunung panggung ini masih berada di atas dari parkiran pengunjung, ok kami melangkahkan kaki kami sambil ngobrol kesana kemari dan nafas yang ngos-ngosan sebab medannya yang naik.

Setelah hingga di puncak kami merasa lega dan senang :) sebab jerih payah untuk hingga di tempat ini tidak gampang namu semua itu terbayarkan dengan LUNAS dikala kita sanggup menikmati pemandangan disini. Dari puncak sini selain kita sanggup melihat Embung dari jarak akrab dan kita juga sanggup berfoto-foto kita juga sanggup melihat pemandangan waduk gajah Mungkur yang berada di Wonogiri, sebab letak Embung Gunung Panggung ini berada di perbatasan kabupaten Wonogiri dan kabupaten Gunungkidul. Selain sanggup menikmati pemandangan waduk gajah Mungkur kita juga sanggup melihat kota Sukoharjo dan Klaten aku membayangkan jikalau suasana malam pastinya lebih elok sebab kita sanggup melihat lampu-lampu menyala dari bukit ini. Sedangkan untuk arah selatan kita sanggup melihat alam Gunungkidul yang merupakan pegunungan seribu untuk melihat kebarat kita sanggup melihat kota Wonosari dan sekitarnya.

Sudah puas melihat semua pemandangan dari atas bukit kami pun beristirahat di akrab Embung dan menunggu matahari karam atau sunset sebab lokasi berada di ketinggian niscaya sanggup menikmati sunset dan sunres dari sini. Sudah semakin larut dan sang Surya pun ingin karam luar biasa sekali pemandangan yang di berikan kepada kami sorot sinarnya bagaikan Kilauan berlian.

Azan magrib terdengar dari bawah menunjukan hari sudah mau petang kami bergegas untuk turun sebab kami masih mengingat sulitnya medan untuk turun. Perlahan-lahan kami menuruni jalan ini dengan kendaraan kami dan pastikan rem kendaraan Anda berfungsi dengan baik. Setelah hingga bawah sudah gelap dan kami melanjutkan perjalanan untuk pulang ketempat masing-masing.
Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Embung Gunung Panggung Ponjong Gunungkidul Yogyakarta"