Cari Blog Ini

Peta Lokasi Pantai Ngusalan Gunungkidul Yogyakarta Ayo Berwisata di Jogja Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Ngusalan Gunungkidul Yogyakarta

Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Ngusalan Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Ngusalan ini masih belum banyak orang yang mengenal dan bahkan masih pantai yang tergolong baru. Pantai Ngusalan ini terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Ngusalan ini berada di tempat Pantai Wediombo, Pantai Jungwok, dan Pantai Sedahan. Titik Koordinat GPS Pantai Ngusalan -8.197106,110.714864

Nama Pantai Ngusalan sendiri berarti dalam bahasa Jawa Ngusalan atau ungsal yang berarti keong. Dimana Pantai Ngusalan ini populer di penduduk sekitar sebagai tempat keong (ungsal).

Dari Yogyakarta berjarak 80km sanggup di tempuh dengan 2 jam perjalanan memakai kendaraan pribadi. Ada dua rute yang paling efektif untuk menuju tempat ini sebagai berikut,

PENTING!! Kunci Paling Utama Kita Temukan Pertigaan Jepitu (pasar tradisional Jepitu)

Rute pertama, Yogyakarta > Ringroad jl.Wonosari > Sampaan > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Gading (Lapangan terbang) belok kiri arah kota Wonosari > Siono (bundaran lurus terus) > Pemerintah Daerah Wonosari (alun-alun) > Pasar Wonosari > pertigaan ambil kanan menuju selatan > Perempatan Karangrejek lurus > jl.Baron > Pertigaan mulo ambil arah kiri > Tepus (ambil arah kiri menuju pantai Wediombo) > Purwodadi > Balong > Pertigaan Jepitu (pasar Jepitu) ambil arah kanan menuju Pantai Wediombo > Setelah TPR sebelum hingga di Wediombo ambil kiri menuju pantai Jungwok > Pantai Ngusalan.

Rute kedua, Yogyakarta > Jl. Wonosari > Piyungan > Patuk (bukit bintang) > Sambi Pitu > Gading lapangan terbang (ambil kiri menuju kota Wonosari > Siono (lurus aja) > Alun-alun Wonosari (lurus aja) > Polres Wonosari (lurus terus) > Baleharjo (lurus terus menuju arah Semanu) > Mijahan > Semanu (belok kanan menuju arah selatan ) Cuwelo > Giri Panggung > Ngawar-awar > pertigaan Balong (ambil arah kiri menuju Jepitu ) > Pertigaan Jepitu (pasar Jepitu) > belok kanan ambil arah menuju pantai Wediombo > Setelah TPR belok kiri menuju pantai Jungwok > Pantai Ngusalan.

Setelah hingga di parkiran Jungwok perjalanan tidak hanya hingga sini namu harus di tempuh dengan berjalan kaki, kalau air maritim sedikit surut ada baiknya jikalau Anda menyusuri pantai Jungwok ke arah timur persis di balik bukit pantai Jungwok jadi jalannya tidak terlalu sulit. Namun apabila airl maritim pasang maka untuk amannya melewati bukit yang ada jalur setapak nya tp jalannya cukup terjal apabila tiba di ekspresi dominan penghujan hati-hati alasannya medannya sangat licin nah di balik bukit terlihat pantai Ngusalan ini. Atau anda sanggup melewati jalan setapak satu jalur menuju Pantai Sedahan dan Greweng yang melewati ladang penduduk setempat.

Pantai Ngusalan sendiri berada di sebelah timur Pantai Wediombo dan tepatnya di balik bukit sebelah timur pantai Jungwok. Lokasi Pantai Ngusalan hanya sedikit pasir pantainya tidak ibarat kebanyakan pantai yang berada di pantai Gunungkidul dan ini yang menjadi ciri khas Pantai Ngusalan ini.

Selain pasir pantainya yang sedikit pantai Ngusalan sendiri tidak terlalu luas, pantai Ngusalan hanya di domisili watu karang yang tajam-tajam, dan tak heran juga kalau di sini sebagai tempat ungsal atau keong alasannya lokasi batuannya yang curam dan sangat sulit. Selain ungsal atau keong di pantai ini juga banyak di jumpai biota maritim lainnya seperti, ikan-ikan kecil, lobster, kepiting, bintang laut, dan apabila ekspresi dominan rumput maritim disini banyak banget aneka macam macam jenis rumput laut.

Masyarakat setempat kerap kali mencari rejeki perhiasan dari pantai ini dengan cara mencari ungsal atau keong, memasang perangkap untuk menangkap lobster, dan memancing. "kalau jadinya sendiri tidak menentu kalau hasil tangkapan tidak mengecewakan banyak kami jual namun kalau hanya sedikit kami konsumsi sendiri sebagai lauk" ucap seorang warga dikala di pantai ini.

Pantai Ngusalan biasanya hanya sebagai tempat persinggahan wisatawan yang ingin ke pantai Sedahan atau Greweng. Banyak para pemancing yang menggandrungi tempat ini, alasannya tempat tidak mengecewakan strategis untuk mancing dengan mengandalkan tebing-tebing yang bangun kokoh di pantai ini.

Aktifitas yang sanggup di lakukan di Pantai Ngusalan ini yaitu bermain-main di tepian pantai bersama ikan-ikan kecil selain itu Anda juga sanggup mencari sudut dari pantai ini untuk di jadikan angel foto yang jos bagi pecinta fotographi.

Untuk Fasilitas di pantai ini sama sekali belum ada jadi jikalau ingin ke tempat ini di harap membawa bekal sendiri dan di karenakan pantai Ngusalan ini memiliki pasir yang tidak terlalu luas jadi untuk ber camping di pantai ini tidak bisa.

Setelah puas di pantai ini anda sanggup melanjutkan wisata ke pantai di sekitar sini. Selamat berliburan..
Tag : pantai
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Ngusalan Gunungkidul Yogyakarta"