Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Rute Dan Tiket Masuk Ke Pantai Siung Gunungkidul

Ig@Anis_shita

Rute dan Tiket Masuk Ke Pantai Siung Gunungkidul





Gunungkidul sangatlah banyak wisata Pantainya dan mempersembahkan panorama yang laur biasa indahnya. Banyak lokasi tempat wisata Pantai yang sudah melegenda dan populer mirip halnya Pantai Siung ini.


Pantai siung sangat populer akan tempat wisatanya yang indah dan bersih. Pantai siung terletak diantara batuan besar dan pegunungan. Selain panorama nya yang indah Pantai Siung juga populer akan lokasi Panjat tebingnya.


Pantai Siung ini pajat tebingnya sudah sangat populer diseluruh dunia apalagi di Asia tenggara. Banyak yang tiba ke Pantai ini selain untuk menikmati panoramanya juga untuk berolahraga panjat tebing.


Pantai siung mempunyai hamparan pasir putih yang sangat luas dengan beberapa tanaman pohon pandan khas di pinggiran pantai. Lebih eks0tis menikmati Pantai ini dari bukit sebelah timur Pantai Siung ini.


Lokasi

Lokasi Pantai Siung ini berada di daerah desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Pantai Siung -8.181655,110.682799



Rute Menuju Pantai Siung Gunungkidul



Dari kota Yogyakarta Pantai Siung ini berjarak kurang lebih 80km dan sanggup di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.


Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari > perempatan Sampaan > pasar Piyungan > bukit bintang > Patuk > Sambipitu > Gading (lapangan terbang) > ada pertigaan belok kiri menuju kota Wonosari > Playen > Siono (bundaran lurus aja melalui kota Wonosari) > Pemerintah Daerah Gunungkidul > pasar Wonosari > sesudah pasar pertigaan ke dua belok ke kanan menuju jl. Baron > Karangrejek > mulo (ada pertigaan ambil kiri ikuti plakat menuju pantai siung)  > Bintaos > Tepus (ada pertigaan jika ke kanan menuju Pantai Indrayanti ambil ke kiri menuju Pantai Siung dan wediombo) > Gesing > Purwodadi (ada pertigaan ambil kanan menuju Pantai Siung) > TPR > ada beberapa pintu masuk ke daerah Pantai lain mirip pantai Jogan dan Pantai Nglambor sebelum terakhir Sampai > Pantai Siung.


Nb. Jika wisatawan merasa resah sanggup bertanya pada warga sekitar Purwodadi.


Pesona Keindahan Pantai Siung.




Setelah melalui TPR (tempat pemungutan retribusi) Anda akan di bawa menuju pantai siung hingga selesai dari aspal ini namun alasannya ialah ada beberapa Pantai yang di buka gres anda boleh mampir dahulu di Pantai Jogan dengan suasana Air Terjun di tebing Pinggir Pantai.


Selain itu Anda juga sanggup mampir ke Pantai Nglambor bagi Anda yang gemar snorkeling dengan pemandangan indah di bawah bahari yang di huni beberapa biota bahari yang masih alami ini.

Ig@Anis_shita
Setelah melalui pintu masuk kedua Pantai tersebut kita sudah hampir hingga lho di Pantai Siung. Ketika sudah hampir hingga wisatawan sudah di suguhi pemandangan indah Pantai Siung dari kejauhan.




Boleh berhenti sejenak di jalanan yang menurun ini sambil menikmati pemandangan alam di lokasi. Ada yang bikin menarik pandangan mata di sebuah turunan sebelum hingga pantai siung ini yakni ada Gunung besar yang batuannya ibarat Gunung berapi, sesudah bertanya pada warga sekitar ternyata Gunung tersebut ialah Gunung Api Purba Batur yang berada di desa balong, Girisubo. Menarik untuk di kunjungi untuk wisata selanjutnya.


Setelah jalan menurun sedikit tajam sebelum hingga di Pantai Siung juga kita sanggup melihat kolam dan keramba untuk budidaya ikan oleh warga setempat.


Bau khas bahari sudah semakin taj4m dan deburan ombak sudah semakin menggeliat di depan telinga, dan benar saja kita sudah hingga di Pantai Siung.


Setelah memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang luas rasanya hati sudah tak sabar untuk segera melihat Pantai ini alasannya ialah keindahannya, siapa sih yang ga tau Pantai Siung ini??


Ombak besar khas Pantai Selatan Gunungkidul ialah daya tarik sendiri ketika berada di pantai siung ini, mengh4ntam tebing tinggi di sebelah tebing barat dari Pantai Siung ini begitu besar lengan berkuasa hingga menjadikan dentuman dan air bahari mencur4t.


Melihat hamparan pasir putih nan luas sudah tak sabar rasanya ingin mencapai ujung timur dan mengelilingi setiap sudut di Pantai Siung ini. Berjalan di atas Pasir Putih ini cukup melelahkan apalagi di dikala siang bolong dengan terik matahari. Sesekali beristirahat menepi di bawah pohon pandan sambil menikmati indahnya Pantai.


Perjalanan menyusuri Pasir Pantai Siung kira-kira gres setengah melihat ada kapal nelayan yang mau menepi rasa ingin tahu dan menunggu kapan tersebut hingga di tepian Pantai. Ada yang menarik untuk nelayan di Pantai Siung ini yakni ketika ada kapal nelayan yang tiba para nelayan yang sudah beristirahat di warung-warung mereka berbondong-bondong saling bantu membantu untuk menaikkan kapal hingga hingga di Parkiran kapal di atas pasir, dengan tujuan jika ombak pasang kapal tidak sanggup hanyut bersama arus.


Hasil bahari yang cukup melimpah dengan penghasilan aneka macam jenis ikan yang berada di kapal maupun jaring dengan terbiasa nelayan memisahkan hasil ikan kemudian di bawa menuju ke TPI (tempat pelelangan ikan) di pantai siung ini. 


Pelelangan ikan pun terjadi di antara para pedagang siapa Berani tinggi beliau yang menang.


Masih sangat segar ikan yang berada di sini ketika pelelangan susah selesai banyak juga wisatawan yang eksklusif membeli kepada pemenang lel4ng tersebut, untuk buah tangan maupun sanggup di nikmati di Pantai ini dengan memasakan di warung-warung Di Pinggir Pantai ini.


Kita berlanjut lagi menyusuri pasir putih menuju tepi sebelah timur Pantai Siung ini. Semakin ke timur jajaran pohon pandan pun semakin banyak. Ketika sudah hingga di ujung timur kita sanggup melihat Pantai ini membentang indah dengan banyak wisatawan di tepi pantai.


Disisi sebelah timur ini Pantai Siung sangat indah dan eksotis alasannya ialah di sini banyak watu karang yang sanggup di buat untuk berfoto selfie dan melihat ikan-ikan kecil namun perlu ke hati-hatian alasannya ialah batunya sangat licin dan juga selalu waspada akan ombaknya.


Indahnya Wisata Pantai Siung Dari Atas Bukit

Pengen menikmati bagusnya pemandangan Pantai Siung dari ketinggian kita sanggup naik bukit yang berada di sebelah timur dari Pantai Siung, jalan setapak yang sudah di perbaiki oleh pengelola menuntun kita untuk menuju bukit.


Sampai di pertengahan bukit kita sanggup beristirahat dan jalan menuju ke ujung sebelah barat di kiri dan kanan jurang wisatawan harus ekstra hati-hati ya, dari sini saja kita sudah sanggup menikmati Pantai Siung dari ketinggian.


Keindahannya sungguh luar biasa. Tidak puas hingga di sini kamipun meneruskan perjalanan hingga ke puncak dengan Medan makin sempit dan terjal. Selain itu di sisi jalan jurang dan jalannya hanya susunan tanah, akan sangat licin sekali apabila sedang ekspresi dominan penghujan.


Setelah sudah hingga puncak melihat Pantai Siung akan kelihatan kecil sekali, namun kita sanggup melihat keindahan alam Purwodadi dengan tanaman padi di atas bukit milik warga, melihat Pantai Siung dari kejauhan, serta melihat bahari lepas yang biru dan bersih.


Di puncak Gunung ini kita juga sanggup menikmati angin sepoi-sepoi khas Pantai, jauh dari kebisingan kota serta tempatnya sangat nyaman. Di bawah pohon wisatawan sanggup menghabiskan waktu di sini dengan berfoto dan menikmati pemandangan.


Info dari warga penduduk setempat jalan ini masih sanggup kita telusuri lho dan disana wisatawan sanggup menikmati tempat wisata yang masih tergolong gres dan belum terlalu populer mirip Pantai Banyu Nibo yang dengan ciri khas ada air terjunnya yang bermuara ke lautan lepas.


Selain itu ada tempat wisata yang juga lagi hits di kalangan traveler yakni Bukit Pengilon. Di bukit pengilon wisatawan sanggup menikmati pemandangan bahari lepas serta hamparan rumput hijau bagaikan Padang rumput, sangat cocok sekali bagi Anda yang gemar Camping lho.


Asal Usul Nama Pantai Siung

Nama Pantai Siung ini terdengar sangat menarik dan cukup unik ya, namun di kalangan masyarakat ada ceritanya lho. 


Batuan dan pegunungan di Pantai Siung ini cukup unik dan batuannya mempunyai ciri khas yakni batuannya runc!ng dan taj4m. Konon asal seruan nama Pantai Siung ini berasal dari bentuk batuan yang berada di Pantai Siung.


Ada batuan yang besar yang ibarat gigi monyet atau Siung Wanara yang hingga dikala ini ikon batuan tersebut masih sanggup di nikmati oleh wisatawan.


Pantai Siung Tempat Panjat Tebing Yang Sudah Mendunia
Ig@anoct

Pantai Siung tidak hanya populer sebagai pantai dan tempat wisata namun juga populer dengan tempat olahraga nya yakni Panjat Tebing. Panjat Tebing disini sudah mempunyai jalur hingga 250 lebih dan masih sanggup bertambah lagi.


Kawasan panjat tebing ini sudah populer diseluruh dunia semenjak usang dan di pantai ini juga katanya sebagai lokasi terbaik Panjat Tebing di pinggir Pantai di Indonesia.


Menariknya selain kita sanggup menikmati hobi Panjat Tebing kita juga sanggup berwisata sekalian. Namun perlu kewaspadaan ya alasannya ialah kontur batuannya yang taj4m dan sangat licin apabila dikala ekspresi dominan penghujan.


Camping di Pantai Siung

Bagi wisatawan yang gemar Camping dan menikmati wisata Pantai dikala malam hari kita juga sanggup bercamping di pantai ini di atas pasir Putih pantai.


Saat malam selesai pekan tiba di pantai siung ini banyak sekali yang berkemah disini khusus nya para cowok pemudi pecinta ala.




Namun para pengelola selalu menghimbau kepada siapa saja yang nge Camp di pantai ini semoga memperhatikan kebersihan serta tidak menyisakan kayu bakar dikala menciptakan api unggun.


Di Pantai Siung ini setiap tenda yang camping di tarik dana sekitar Rp. 10.000; guna untuk pemasukan pengelola untuk memelihara tempat wisata ini.


Fasilitas dan Tiket Masuk di Pantai Siung

Fasilitas di Pantai Siung ini sudah tidak mengecewakan lengkap, alasannya ialah sebagai tujuan tempat wisata yang sudah populer banyak pelaku investor yang menanamkan bisnisnya di Pantai ini.


Banyak akomodasi yang sudah tersedia di pantai siung yakni kamar mandi, rumah makan, parkiran luas, mushola, TPI, pendopo, dan penginapan.


Tiket masuk ke daerah Pantai Siung dan sekitarnya mirip Pantai Jogan dan Nglambor yakni Rp. 6.000 per orang sudah sanggup menikmati tempat wisata yang indah dan nyaman ini.


Nah bagaimana tertarik untuk berwisata ke Pantai Siung ini. Silahkan tiba ke kabupaten Gunungkidul. Dan selamat berwisata.
Tag : pantai
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute Dan Tiket Masuk Ke Pantai Siung Gunungkidul"

Back To Top