Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Tradisi Budaya Kirim Ndowo Gunungkidul

Tradisi Budaya Kirim Ndowo Gunungkidul





Gunungkidul selain daerah wisatanya yang populer ternyata juga banyak tradisi yang masih tetap lestari di jaman modern kini ini.


Seperti halnya tradisi budaya kirim ndowo masih di lakukan oleh warga masyarakat Gunungkidul. Kirim ndowo yang berarti kirim doa ini masih di lakukan warga pada ketika ingin memulai bertani dan sehabis Panen.


Kirim ndowo sendiri biasanya di lakukan dalam satu tahun dua kali. Kirim ndowo sendiri yang berarti memanjatkan doa semoga hasil panen nanti nya sanggup melimpah tanpa adanya hama dan gagal panen pada setiap perkebunan yang di tanam warga.




Selain itu kirim ndowo juga sanggup di ucapkan rasa bersyukur sehabis panen berkat hasil panen yang melimpah dan bersyukur dalam masa panen tidak ada suatu hal4ngan.


Kirim ndowo biasanya warga masyarakat juga memasak kuliner khas desa yakni menyerupai jangan Lombok dengan tempe, Ingkung ayam Jawa, bakmi Jawa, tahu, tempe, oseng, jadah.




Semua kuliner ubo rampe tersebut sebelum di makan haruslah di doakan oleh pemuka akhlak dengan cara warga masyarakat tiba ke balai dusun untuk melaksanakan kenduri.


Kenduri tersebut di pimpin tetua akhlak untuk mengucap syukur atas apa yang telah warga peroleh dalam hal bentuk panen dan berdoa semoga panen mendatang alhasil lebih baik dari yang sekarang.


Setelah di doakan oleh tokoh pemuka akhlak warga masyarakat tolong-menolong menyantap kuliner bawaannya tersebut, apabila kuliner masih tersisa wajib di bawa pulang untuk di berikan kepada anggota keluarga yang lainnya.


Kegiatan ini masih sangat lestari di setiap dusun yang berada di kabupaten Gunungkidul. Walaupun jaman sudah maju dan modern namun untuk melestarikan (nguri-uri) budaya jawa masih tetap di lakukan.




Mau tau ihwal kirim ndowo dengan ciri khas jangan terbelakang yang sangat yummy ini. Silahkan berkunjung ke kabupaten Gunungkidul pada ketika para petani ingin mulai bercocok tanam atau sehabis panen tiba.


Di setiap dusun kirim ndowo ini biasanya di lakukan berbeda-beda harinya sesuai dengan hasil komitmen antara pemuka akhlak serta warga masyarakat.


Sungguh keharmonisan yang begitu terjaga ketika kirim ndowo ini berlangsung alasannya ialah setiap warga kumpul menjadi satu dan saling bertegur sapa sambil menikmati santapan nan yummy ini.
Tag : budaya
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Tradisi Budaya Kirim Ndowo Gunungkidul"

Back To Top