Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Buah Tangan Khas Gunungkidul : Thiwul Manis


Oleh-oleh Khas Gunungkidul : Tiwul Manis





Banyak wisatawan kini yang mengaggendakan berwisata ke Gunungkidul lantaran di kabupaten ini menyimpan banyak destinasi wisata yang masih alami dan bagus.


Tidak hanya lokasi wisata Pantai nya saja namun di Gunungkidul juga banyak spot wisata gres yang bermunculan dan tak kalah menarik dari lokasi wisata alam di kota lainnya.


Ketika berwisata ke Gunungkidul pastinya banyak wisatawan luar kawasan yang masih sedikit resah Untuk mencari Oleh-oleh Khas Gunungkidul yang ingin di bawa pulang.


Tak usah resah lantaran di Gunungkidul ini juga punya julukan lain selain sebagai tempat wisata yang lagi populer di Yogyakarta namun juga di juluki kota gaplek. Makanan khas Gunungkidul ini paling utama yaitu Thiwul.


Tiwul ini berbahan dasarnya dari gaplek atau singkong yang sudah kering. Petani Gunungkidul mengandalkan sawah tadah hujan atau ladang. Rata-rata petani Gunungkidul ini menanam tanaman tumpang sari. Yakni padi, jagung, dan juga singkong (ketela).


Hampir setiap warga Gunungkidul memiliki tegalan dan biasanya ada tanaman singkong itu sebabnya Wonosari atau Gunungkidul ini di juluki kota gaplek.


Ketika berwisata Gunungkidul tidaklah sulit untuk mencari Oleh-oleh kuliner khas dari Gunungkidul ini. Sudah banyak toko buah tangan yang melengkapi dengan kuliner khas ini.




Oleh-oleh Thiwul khas Gunungkidul ini sanggup Anda dapatkan di sepanjang jalan baron, jalan Jogja - Wonosari (siono tugu selamat datang), di kawasan sekitar lapangan terbang Gading ( sebelum pom bensin) di situ banyak juga buah tangan khas Gunungkidul lainnya yang banyak di jual untuk para wisatawan.


Selain itu Thiwul ini juga sebagai alternatif lain sebagai pengganti nasi yang rasanya sangat gurih, sanggup di santap dengan kuliner lainnya menyerupai dengan sayur, sambel bawang, dan juga lauk Pauk menyerupai ikan bahari dan sejenisnya.


Proses Pembuatan Thiwul Gunungkidul


Berbicara mengenai Thiwul yang menjadi ciri khas buah tangan khas Gunungkidul yuk kita intip cara pembuatannya.


Bahan dasar Tiwul

- gaplek (singkong yang sudah mengering, kemudian di haluskan menjadi bubuk atau terigu)
- daun pandan
- parutan kelapa
- gula Jawa
- air secukupnya
- garam secukupnya
- daun pisang


Cara pembuatan nya

Ambil terigu atau bubuk dari singkong yang sudah di tumbuk halus kemudian taruh pada nampan atau sejenisnya tuangkan air bertahap kemudian goyangkan nampan dan putar putar pakai tangan sehingga membentuk butiran-butiran kecil.


Setelah menjadi butiran-butiran kecil kemudian di kukus kurang lebih setengah jam dan siapkan serutan gula merah dan taburkan pada Thiwul yang di kukus aduk hingga rata kemudian masukkan daun pandan dan garam secukupnya. Tunggu hingga warna menguning dan matang.


Setelah matang angkat dan tuang pada daun pisang yang di sediakan kemudian berikan taburan parutan kelapa semoga rasanya lebih gurih dan Thiwul Gunungkidul siap untuk di santap.


Nb. Jika ingin menciptakan Thiwul dengan rasa gurih saja maka tidak usah menggunakan gula merah tersebut

Nah itulah tadi kuliner khas kawasan Gunungkidul sebagai buah tangan wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul. Makanan ini juga cocok sebagai penggantinya nasi dan sangat menyehatkan.
Selamat berwisata ke Gunungkidul dan jangan lupa beli buah tangan nya.
Tag : kuliner
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Buah Tangan Khas Gunungkidul : Thiwul Manis"

Back To Top