Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Keindahan Desa Wisata : Kampung Emas Plumbungan Gunungkidul






Keindahan Desa Wisata : Kampung Emas Plumbungan Gunungkidul




Gunungkidul mempunyai jumlah kawasan wisata yang tidak terhitung, mulai wisata pantai hingga hingga desa wisata yang akhir-akhir ini tengah di Gencarkan pembangunan desa wisata oleh pemerintah Gunungkidul, Seperti Desa Wisata Plumbungan Gunungkidul yang akhir-akhir ini Menjadi percontohan obyek desa wisata. 


Desa Wisata Plumbungan terletak di dusun Plumbungan, desa Putat, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Pesona keindahn desa wisata Plumbungan ini menunjukkan pemandangan alam dengan udara yang higienis nan sejuk.


Hamparan sawah nan hijau menjadi sajian utama dikala kita berada di desa wisata ini, desa wisata Plumbungan ini sering di juluki dengan desa Emas dengan kepanjangan (Elok Mandiri Aspiratif dan Sejahtera). Julukan Kampung Emas ini di berikan alasannya ialah hasil pertanian di dusun Plumbungan ini yang sangat melimpah dan sangat subur.

Rute Menuju Desa Wisata Plumbungan





Dari kota Yogyakarta Desa wisata Plumbungan ini berjarak kurang lebih 30km dan sanggup di tempuh dengan kendaraan eksklusif kurang lebih 1 jam perjalanan.


Yogyakarta > ringroal jalan wonosari > perempatan sampaan > pertigaan piyungan > bukit bintang > patuk > pasar buah sambipitu > pertigaan sambipitu (setelah pos polisi ) > belok kiri > ada pertigaan kembali belok kiri kembali (menuju arah gunung nglanggeran) > ada Sekolah Menengan Atas 1 Patuk lurus aja > Desa Wisata Plumbungan.


Wisata Yang perlu anda coba dikala berkunjung ke kabupaten Gunungkidul, Menikmati Kampung Emas Plumbungan ini sebaiknya dengan bersepeda sambil menikmati udara higienis khas pedesaan. Ada beberapa etape yang wajib di kunjungi dikala berada di Kampung Emas Plumbungan ini sambil bersepeda,


1. Sentra Pengolahan Buah Kakao

Selain hasil pertanian menyerupai padi, jagung yang melimpah Desa wisata Plumbungan ini juga sangat melimpah hasil Buah kakaonya bahkan di dusun ini di klaim penghasil kakao paling banyak di kabupaten Gunungkidul.


Di Sentra Pengolahan Buah kakao ini wisatawan sanggup memetik buah kakao dan menikmati hasil buahnya, sehabis itu wisatawan di beri edukasi perihal pengolahan buah kakao mulai cara memanen, memfermentasi, hingga penjemuran.


2. Sentra Industri Pengrajin Batik Kayu

Sebagian warga dusun Plumbungan selain sebagai petani mereka juga mengais rejeki melalui kerajinan Batik Kayu. Wisatawan sanggup sedikit mencar ilmu Cara membatik kayu hingga melihat para warga mengerjakan dengan terampilnya dan akibatnya juga sangat Bagus-bagus lho.


3. Rumah Bapak Wasiran Belajar Alat Musik Gamelan.

Nah kali ini wisata ini cukup cantik alasannya ialah menambah pengalam kita semua yakni mencar ilmu Gamelan, disini pengajarnya yakni bapak Wasiran. Bapak Wasiran ini ternyata ialah dosen di salalah satu institut kesenian Yogyakarta. Sedikit Menambah Pengalamn dikala berwisata di wisata edukasi gamelan ini.

Baca Juga : PESONA PUNCAK KOSAKORA .

4. Kuliner Tradisionan “Berkat Dalem”

Wah ini ni yang paling di tunggu-tunggu oleh wisatawan yakni kuliner tradisonal dusun Plumbung. Menarikya menikmati Kuliner yang ada di sini yakni berada di gubug yang berada di tengah-tengah sawah dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau.


Menikmati Desa Wisata Plumbungan ini sangat menarik alasannya ialah selain sanggup menikmati pemandangan alam juga sanggup menikmati wisata edukasi dan juga wisata adventure. 


Untuk menikmati berwisata di kampung Emas ini tidaklah terlalu mahal kok hanya cukup mengeluarkan dana Rp.75.000; saja per orang. Dengan uang Rp.75.000; anda sanggup menikmati semua jenis wisata termasuk paket makan Berkah Dalem.


Silahkan Kunjungi Kampung Emas dusun Plumbung ini dengan mengajak keluarga, sahabat, atau teman anda. Untuk gosip lebih lanjut silahkan hunbungi www.kampungemas.tk


Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Keindahan Desa Wisata : Kampung Emas Plumbungan Gunungkidul"

Back To Top