Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Pesona Gunung Api Purba Keruk, Nglipar Gunungkidul


Pesona Gunung Api Purba Keruk, Nglipar Gunungkidul





Gunungkidul memiliki banyak tempat wisata, tidak hanya wisata Pantainya saja yang terkenal. Namun semakin hari banyak tempat wisata yang bermunculan yang di bangkit oleh pemerintah maupun oleh masyarakat setempat.



Di Gunungkidul mempersembahkan menyebarkan wisata ibarat wisata gerojokan alami, wisata tubing, wisata Goa, Embung dan pegunungan. Seperti yang satu ini tempat wisata yang belum banyak Orang tau yakni Gunung Api Purba Keruk.



Sebagai lokasi Gunung sewu, Gunungkidul banyak di temukan Gunung Api Purba yang dahulu konon pernah aktif dan memiliki kisah tersendiri bagi warga masyarakat. Gunungkidul sepengetahuan admin memiliki Gunung Api Purba yakni Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Api Purba Batur, dan Gunung Api Purba Keruk ini.



Gunung Api Purba Keruk ini mempersembahkan pemandangan yang apik bagi para pengunjung, balutan udara segar Dan pemandangan yang hijau serta kita sanggup menikmati pemandangan alam lainnya dari atas ketinggian. jika cuaca cerah sanggup melihat Gunung Merapi, melihat sunset dan sunrise serta melihat Gunung Sewu yang berjajar rapi dari atas ketinggian.



Gunung Api Purba Keruk ini Berada di tengah Lokasi dusun Gagan dan dusun Glompong, desa Pengkol, kecamatan Nglipar, kabupaten Gunungkidul. Titik Koordinat GPS Gunung Api Purba Keruk -7.857260,110.597923




Rute Menuju Gunung Api Purba Keruk Nglipar Gunungkidul



Dari kota Yogyakarta Gunung Api Purba Keruk ini berjarak 40km dan sanggup di tempuh dengan kendaraan pribadi selama 1jam 30 menit.


Penting!! Perjalanan Menuju Gunung Api Purba Keruk ini lebih nyaman melalui rute Pertigaan Sambipitu.


Yogyakarta > Ringroad Ketandan (ambil menuju kota Wonosari) > jl. Wonosari > Sampaan > pertigaan Piyungan > Bukit. Bintang > Patuk > Toko buah Sambipitu > Pertigaan Sambipitu (kalau lurus menuju kota Wonosari) ambil arah ke kiri menuju Nglipar dan Ngawen > Sebelum hingga di kecamatan Nglipar ada pertigaan tranggulasi > ambil kekiri mlewati dusun karangsari > pagutan > glompong > Gunung Api Purba Keruk.


Nb. Jika merasa resah ketika menuju gunung api purba Keruk ini sanggup bertanya pada warga setempat.


Wisata Gunung Api Purba Keruk Nglipar





Tempat wisata ini mungkin masih sangat aneh di pendengaran para wisatawan yang menyukai obyek wisata di Gunungkidul.


Gunung Api Purba Keruk ini sejatinya sudah di resmikan oleh pemerintah pada tahun 2014 namun alasannya yakni kurangnya promosi dan pembangunan tempat wisata ini masih berlangsung sehingga tidak banyak yang tahu.




Tempat ini wajib anda kunjungi ketika berwisata ke Gunungkidul, di tempat wisata ini jalan dan tempat parkir wisata sudah cukup memadai. Tempat parkir kendaraan di halaman rumah warga sekitar dan di pastikan kondusif (jangan lupa kunci kendaraan Anda).



Jalan Menuju Puncak Gunung Api Purba Keruk Nglipar ini wisatawan harus trekking dan mendaki kurang lebih berjarak 1,5km dan jalur untuk wisatawan sudah di sediakan warga agar memudahkan para wisatawan.



Begitu menguras tenaga ketika mendaki dan memerlukan usaha yang ekstra namun ketika sudah hingga di Puncak semuanya terbayar Lunas oleh pemandangan dan udara segar yang kita sanggup nikmati.



Biasanya wisatawan mengunjungi tempat ini kala pagi hari untuk menikmati sunrise dan juga kabut pagi yang indah berjajar dengan Gunung ini, selain pagi wisatawan juga banyak yang tiba ketika sore hari untuk melihat sunset tenggelam.



Keindahan dari Puncak gunung ini kita sanggup melihat jajaran gunung Sewu yang berada di gunungkidul, melihat lembah yang curam dan hijau serta sanggup melihat Gunung Merapi dari kejauhan.



Batuan yang berada di Gunung ini juga unik alasannya yakni tidak sama dengan batuan pegunungan di Gunungkidul pada umumnya. Dan hanya sama di gunung Api Purba Nglanggeran dan Gunung Api Purba Batur.



Banyak kisah yang beredar di masyarakat konon Gunung ini bersaudaranya dengan Gunung Merapi.


Selain di puncak gunung ini ternyata masih ada hal menarik lainnya bagi wisatawan yakni di kaki Gunung Api Purba Keruk ini biasanya di gunakan untuk sarana berkemah dan ada pula sebagai tempat pertapaan.


Di tempat Song Putri ini banyak orang yang masih memakai sebagai tempat bertapa, tidak hanya warga setempat namun juga dari luar daerah yang kerap tiba ke tempat ini.


Sejarah Song Putri sendiri kono dahulunya di bawah kaki Gunung Api Purba Keruk ini di huni sosok seorang Putri sehingga tempat tersebut di namai Song Putri.



Tarif tiket masuk ke daerah wisata Gunung Api Purba Keruk ketika ini masih gratis dan hanya membayar parkir kendaraan. Untuk akomodasi masih belum banyak. Jika ingin ke tempat ini sebaiknya membawa bekal ibarat masakan dan minuman dari rumah.


Terlepas dari banyak sekali kisah yang beredar di masyarakat Gunung Api Purba Keruk ini layak di kunjungi wisatawan, dan ketika ini pemerintah mencanangkan pembangunan jalan masuk mendaki agar wisatawan tidak terlalu capek hingga ke puncak. Jaga lingkungan tempat wisata kita dan selamat berwisata.
Kontributor : siswanto
Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Pesona Gunung Api Purba Keruk, Nglipar Gunungkidul"

Back To Top