Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Goa Maria Tritis Gunungkidul

Rute Menuju Gua Maria Tritis Gunungkidul

Gunungkidul tidak hanya memiliki tempat wisata alam menyerupai yang populer selama ini menyerupai wisata pantai, pegunungan, penderasan dan juga wisata Embung Namun ternyata Gunungkidul juga menyimpan tempat wisata religi.

Wisata Religi umat Nasrani ini berjulukan Gua Maria Tritis atau GMT Gunungkidul. Goa Maria Tritis ini ialah tempat ziarah dan tempat berdoa bagi umat Katholik.

Goa Maria Tritis ini masuk dalam Gereja Paroki Wonosari yang merupakan Paroki terbesar di kabupaten Gunungkidul.

Goa Maria Tritis ini terletak di dusun Bulu, desa Giring, kecamatan Paliyan, kabupaten Gunungkidul. Titik Koordinat GPS Goa Maria Tritis Gunungkidul -8.082553,110.556561

Rute Menuju Goa Maria Tritis

Dari kota Yogyakarta Goa Maria Tritis ini berjarak kurang lebih 60km dan sanggup di tempuh dengan kendaraan langsung kurang lebih 1 jam 30 menit.

Goa Maria Tritis ini Berada di bersahabat Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan Sekaligus Jalur Wisata Pantai Baron dan Sekitarnya.

Ada Dua Rute Menuju Goa Maria Tritis
Rute Pertama

Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari > perempatan Sampaan > kids fun > pertigaan Piyungan > Bukit Bintang > Patuk > Sambi pitu > Hutan Bunder > Gading (lapangan terbang) > Pertigaan sesudah Lapangan Terbang belok kiri > Playen > Tugu selamat tiba Wonosari > Siono ( bundaran ) > lurus saja melalui kota wonosari > Pemerintah Daerah Gunungkidul > Pasar Wonosari > ada pertigaan kedua belok kanan menuju jl.baron > Karang rejek > mulo > Kemadang > lihat plakat (ada pertigaan ambil arah ke Goa Maria Tritis) > ada Pertigaan tepatnya di tanjakan belok kanan kemudian masuk di Jalur Lintas Selatan > sekitar 2km lihat Kanan jalan hingga di parkiran > Goa Maria Tritis.

Rute ke Dua

Yogyakarta > jl. Wonosari. > Piyungan > bukit bintang > Patuk > Sambipitu > Gading (setelah Lapangan Terbang ada pertigaan ambil ke arah kanan ) > Pasar Playen > Kecamatan Playen > ambil arah menuju Paliyan > Pasar Paliyan ke selatan > Poslapur Tentara Nasional Indonesia lurus saja > Sampai di Pertigaan pasar Trowono ambil arah kiri > masuk Jalur JJLS > Singkil > lihat kiri jalan hingga di parkiran > Goa Maria Tritis.

Nb. Jika merasa galau sanggup bertanya pada warga masyarakat sekitar.

Ziarah Dan Berdoa Di Goa Maria Tritis

Selain Goa Maria Tritis banyak peziarah menyebutnya Goa Tritis dan juga Goa Singkil. Goa Maria Tritis Sangat ramai pengunjung atau peziarah kala bulan-bulan Maria menyerupai bulan Mei dan juga Oktober.

Saat ke Goa Maria Tritis ini peziarah sanggup menempuh dua jalan yang pertama jikalau peziarah ingin melaksanakan Jalan Salib jalan yang harus di tempuh melalui jalan Timur dengan 14 pemberhentian ketika Penyaliban Yesus dan berjarak kurang lebih 2km dan apabila ingin berziarah saja tanpa melaksanakan Jalan Salib lewat jalan barat yang berjarak kurang lebih 500 meter.

Perjalanan kaki menuju Goa Maria Tritis ini kita di tuntun melalui jalan berbatu dan medannya naik turun gunung. Sunyi sepi serta segarnya udara yang masih higienis ketika kita berjalan kesana. Lokasi Goa Maria Tritis ini Berada di antara bebatuan karst dan pepohonan jati dan persis di tengah ladang dan jauh dari pemukiman.

Gunungkidul tidak hanya memiliki tempat wisata alam menyerupai yang populer selama ini sep Ayo Berwisata di Jogja Rute Menuju Goa Maria Tritis Gunungkidul

Perjalanan akan sangat menguras tenaga apabila kita mengikuti jalan salib. Namun perjalanan ini tidak seberapa dari pada Perjuangan Yang Mahakuasa Yesus kala waktu Penyaliban.

Baca Juga : PANTAI NGRENEHAN .

Ketika berada di verbal Goa kita di sambut bunyi kelelawar dan tetesan gemericik dari Stalagtit khas dari Goa.

Selain sanggup berziarah dan berdoa di dalam Goa kita sanggup menikmati sejuknya di dalam Goa Alami ini. Goa Maria Tritis ini betul-betul Goa yang alami tanpa ada campur tangan manusia, hanyalah pembangunan lantai Goa dan beberapa ornamen ke Agamaan khas khatolik saja.

Ketenangan dan hanya di temani bunyi kelelawar dan burung-burung yang sanggup kita nikmati sembari kita sembahyang dan berdoa menciptakan hati dan pikiran menjadi sangat tenang dan tenang sekali ketika di tempat ini.

Barisan bangku umat dan meja Altar tertata begitu rapi di dalam Goa, bertanya kepada ibu penjaga setia Goa Maria Tritis ini katanya Goa Maria Tritis ini sering di buat Misa ketika ahad Pertama dari Paroki Wonosari. Selain itu sanggup buat Misa untuk organisasi dari kota lain namun harus ijin dahulu ke Romo Paroki Wonosari terlebih dahulu.

Setelah cukup usang berdoa dan berziarah di Goa Maria Tritis ini ada pandangan menarik di mata saya yakni di sekitar Goa Maria ini ada Ojek Payung yang tawarkan oleh beberapa ibu-ibu desa sekitar Goa Tritis ini.

Tarif Ojek Payung ini hanya seiklhas nya saja, menarik ketika dialog di jalan mereka ini bukanlah seorang yang beragama Nasrani menyerupai yang saya pikirkan. Namun banyak ibu-ibu yang mengais pemanis rupiah ini hampir tidak ada umat Nasrani. Di benak saya berfikir biar para peziarah sanggup menjadi berkah pada Ibu-ibu disini.

Selain sanggup berziarah ke Goa Maria ini kita juga sanggup menikmati keindahan alam yang hijau royo-royo dengan udara yang higienis dan jauh dari kebisingan kota.

Setelah hingga di parkiran kita sanggup beli buah tangan ornamen keagamaan menyerupai kalung Rosario, salib, dll.

Pembangunan terusan jalan ketika ini di Goa Maria sudah di perlebar namun masih kerikil bergairah belum di cor blok maupun di aspal.

Di Goa Maria Tritis ini sudah ada Toilet namun di tempat Goa tidak ada yang jualan jadi bawa minum dari rumah atau beli di tempat pertokoan parkiran ya. Selamat Berziarah.

Kontributor : holet
Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Goa Maria Tritis Gunungkidul"