Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Gunung Ireng Patuk Gunungkidul

Ig@adhoo18

Rute Menuju Gunung Ireng Patuk Gunungkidul





Gunungkidul selain daerah wisata pantainya yang banyak nan indah ternyata Gunungkidul masih menyimpan lokasi daerah wisata yang tak kalah menariknya.


Sebagai lokasi Gunung seribu Gunungkidul mempersembahkan lokasi wisata alam pegunungan yang sanggup menciptakan wisatawan terpesona. Seperti halnya Puncak Gunung Ireng Patuk Gunungkidul.


Puncak Gunung Ireng Patuk Gunungkidul ini memiliki daya tarik bagi wisatawan yakni sebagai daerah melihat sunrise (matahari terbit). Keindahan semburat langit yang seolah menyala dari ujung timur dan suasana kabut menyelimuti Gunung Ireng dan udara yang masih sangat sejuk menciptakan betah di atas Puncak ini.


Puncak Gunung Ireng ini terletak di desa Pengkok, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Titik Koordinat GPS Gunung Ireng -7.883235,110.490680



Rute Menuju Gunung Ireng Patuk Gunungkidul



Dari Kota Yogyakarta Gunung Ireng ini berjarak kurang lebih 30km dan sanggup di tempuh dengan 1 jam perjalanan memakai kendaraan Pribadi.


Yogyakarta > Ringroad Ketandan > jl.wonosari > perempatan Sampaan > Piyungan. > Bukit Bintang > Patuk (perempatan di kanan jalan ada Pos Polisi ambil arah kanan menuju arah Dlingo) > Lurus  aja ke Jl Patuk-Pengkok > ada Peremptan Tugu Semar belok ke kanan > Ikuti papan petunjuk > Gunung Ireng.


Nb. Jika merasa resah sanggup bertanya pada warga sekitar.


Pesona Sunrise Di Bukit Gunung Ireng Patuk



Keindahan Gunung Ireng ini manis dinikmati ketika Pagi hari. Setelah parkir kendaraan wisatawan hanyak perlu berjalan setapak yang tidak terlalu jauh dari parkiran. melewati sedikit hutan wisatawan pun akan di bawa hingga ke Puncak Gunung Ireng.



Sesampai di puncak kita pun di perlihatkan dengan suasana alam yang sangat indah. Dengan pemandangan di lokasi yang hijau dan di sekitar Gunung masih banyak kabut ketika pagi hari, sedangkan sang Surya dengan kilaunya yang menyinari bumi dari ujung timur indahnya bagaikan lukisan sang ilahi.

Ig@fahriisa
Gunung Ireng ini tidak sama halnya dengan Gunung-gunung pada umumnya yang ada di Gunungkidul. Gunung Ireng ini merupakan puncak tertinggi di dusun Srumbung, Patuk.


Gunung Ireng ini batuannya hampir sama dengan Gunung Api Purba Nglanggeran dan Gunung Api Purba Batur. Mempunyai batuan yang sama ibarat Gunung Berapi atau batuan vulkanis.


Usut punya usut Gunung Ireng ini konon pernah aktif di jutaan tahun silam atau sanggup di sebut dengan Gunung Api Purba juga. Dulu kala Gunung Ireng ini pernah meletus dengan dahsyat dan sesudah meletus Gunung Ireng ini terbentuk tidak beraturan batuan Vulkaniknya ibarat yang nampak ketika ini.


Di atas Gunung Ireng kita sanggup menikmati kabut awan bagaikan negri di atas awan dengan pemandangan di bawahnya persawahan dan ladang warga yang hijau dan menciptakan udara di sekitar ini menjadi segar dan sangat sejuk.


Matahari kian meninggi wisatawan tidak perlu kawatir untuk segera turun alasannya yakni di Puncak Gunung Ireng ini ada gazebo dan wisatawan sanggup berlama-lama untuk meniknati pemandangan alam dari atas ketinggian ini.


Dongeng yang beredar di lingkungan masyarakat Gunung Ireng ini menarik untuk di dengarkan konon pembentukan Gunung Ireng ini alasannya yakni Batuan Gunung Merapi yang di tendang oleh Raden Bratasena atau Bima.


Tokoh pewayangan Raden Bratasena (Bima) ini merupakan tokoh yang berpengaruh dan gagah perkasa konon Bima murka alasannya yakni di Gunung Merapi banyak kera pembangkang di atas puncak Merapi bermaksud untuk mengusir kera pembangkang tersebut dengan menendang. Ternyata tendangan tersebut meleset dan mengenai batuan Gunung Merapi sehingga batuan tersebut melayang hingga Gunungkidul dan batuan tersebut membentuk Gunung yakni Gunung Ireng.


Gunung Ireng ini namanya diambil dari bentuk batuan yang ada di puncak Gunung ini. Di puncak Gunung Ireng ini hanya sedikit di tumbuhi flora atau pepohonan alasannya yakni hanya bebatuan yang berwarna hitam. Sehingga bebatuan hitam ini dinamakan Gunung Ireng dalam bahasa jawanya.



Gunung Ireng ini jaraknya juga tidak terlalu jauh dengan lokasi wisata Gunung Gede Getas yang belum usang ini di bentuk oleh masyarakat setempat. Sekalian jalan sanggup mampir ke lokasi wisata tersebut.


Gunung Ireng aset wisata Gunungkidul yang masih sangat alami. Ketika tiba ke lokasi wisata ini jangan merusak alam dan membuang sampah sembarangan. Selamat berwisata.
Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Gunung Ireng Patuk Gunungkidul"

Back To Top