Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Kebun Buah Mangunan, Bantul

Ig @nurr_hand

Rute Menuju Kebun Buah Mangunan, Bantul





Wisata Yogyakarta semakin lengkap saja, dari 4 kabupaten yang berada di kota Yogyakarta ternyata bisa bersaing untuk tingkat wisata tempat nya.



Seperti kabupaten Bantul ini selain wisata Pantainya ternyata juga memiliki tempat wisata Pegunungan yang indah kolam negri di atas awan, Kebun Buah Mangunan namanya.



Kebun Buah Mangunan ini mempersembahkan pemandangan alam yang sangat eksotis, melihat pemandangan alam dari atas ketinggian. Menikmati keindahan sungai Oya yang terlihat berkelok di bawah dan Pantai Parangtritis hingga Gunung Merapi dan kota Yogyakarta.



Kebun Buah Mangunan ini terletak di desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul. Titik Koordinat GPS Kebun Buah Mangunan -7.940632,110.424746




Rute Menuju Kebun Buah Mangunan



Dari Kota Yogyakarta Kebun Buah Mangunan ini berjarak kurang lebih 30km dan sanggup di tempuh dengan kendaraan langsung selama 1 jam perjalanan.


Yogyakarta > Ringroad Selatan > Perempatan terminal Giwangan > kemudian ikuti Jalan Imogiri Timur > kemudian ikuti jalan tersebut hingga hingga di pertigaan pasar Imogiri > kemudian ambil arah kiri > Lihat Plakat penunjuk arah (ikuti plakat dengan jalan yang naik turun dan berkelok) > Kebun Buah Mangunan.


Nb. Jika merasa resah silahkan tanya pada warga masyarakat setempat.


Pesona Kebun Buah Mangunan




Negri di atas awan yaitu sebutan lain dari kebun buah Mangunan ini. Karena kita jika ke Puncak Kebun Buah Mangunan ketika pagi hari kita akan menemukan kabut pagi dan seakan mirip awan di sekeliling kita.



Perjuangan ke Kebun Buah Mangunan tidak semudah yang di bayangkan alasannya lokasinya berada di lokasi ketinggian sehingga perlu tenaga yang ekstra.



Sesampai di tempat parkir kita melanjutkan perjalanan kaki dengan rute Jalan yang sudah di tentukan oleh pihak pengelola. Saat berjalan kaki kita bisa menikmati kesejukan dan keindahan alam mangunan ini.



Disana kita juga bisa menikmati pemandangan area perkemahan, area untuk outbound, melewati greenhouse, dan bagi yang suka mancing ada juga kolam pemancingan, dan aneka macam koleksi pohon buah-buahan yang berjajar rapi di tempat ini.



Kebun Buah Mangunan ini terdapat aneka macam macam buah-buahan mirip buah mangga, buah durian, buah sawo, buah duku, buah rambutan, buah jeruk, buah jambu air, buah manggis, buah belimbing, buah jambu biji, buah cempedak, buah matoa dan masih banyak lagi.



Selain kebun buah kita juga bisa menikmati juga proses pembibitan sapi dan ribuan bibit tanaman. Kita juga melewati hutan kecil yang terasa seger udaranya jika pas kesini pagi terasa dinginnya.



Menaiki pegunungan dengan anak tangga maupun hutan mini yang berada di ketinggian 200 mdpl ini rasanya terbayar lunas ketika kita hingga di puncaknya.
Pemandangan alam yang sangat mempesona mirip yang menjadi ikon tempat wisata ini yakni melihat lembah yang hijau dengan lukisan liukan Sungai Oya selain itu kita bisa melihat kota Yogyakarta, pantai , dan juga Gunung Merapi.



Kebun buah Mangunan ini bukanlah kebun buahnya yang menjadi daya tarik khusus bagi wisatawan namun puncak ketinggiannya ini yang sangat menarik, dengan pagar yang sudah di tata sangat rapi menciptakan para wisatawan berlama-lama di tempat ini.



Dari puncak ketinggian wisatawan juga bisa mengabadikan momen ketika berada di negri di atas awan dengan berfoto atau berselfie dengan view yang sangat menarik.



Kalau tiba ke Kebun Buah Mangunan ini jika ingin menikmati awan atau kabut bisa tiba pagi-pagi hari, selain udaranya higienis dan menyehatkan kita juga bisa menikmati kabut kolam awan di sekeliling kebun buah Mangunan ini.



Dari Puncak Kebun Buah Mangunan ini selain menikmati pemandangan di sekitar kita, kita juga bisa menikmati keindahan sang Surya dengan melihat sunrise dan sunset yang sangat memukau.



Fasilitas di kebun buah Mangunan ini sudah cukup lengkap adanya warung, rumah makan, toilet, dll
Tiket masuk ke kebun buah Mangunan ini masih relatif murah hanya dengan Rp.5.000 saja kita sudah bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dan menyehatkan.



Bila hendak berwisata ke kebun buah Mangunan ini siapkan tenaga yang fit dan ajak keluarga Anda liburan ke tempat ini dan jaga selalu lingkungan wisata kita dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selamat berwisata.
Tag : wisata jogja
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Kebun Buah Mangunan, Bantul"

Back To Top