Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Pantai Jogan Gunungkidul

Rute Menuju Pantai Jogan Gunungkidul

Pantai di kabupaten Gunungkidul memang sangat lengkap dan mempunyai ciri khas masing-masing. Gunungkidul juga menjadi kabupaten di Yogyakarta yang paling banyak lokasi wisata Pantainya.

Mempunyai ciri khas wisata Pantai di Gunungkidul hampir di Indonesia hanya satu-satunya yang mempunyai wisata Pantai dengan Air Terjun nya. Namanya Pantai Jogan.

Pantai Jogan Gunungkidul ini mempunyai daya tarik tersendiri ialah Air Terjun yang pribadi ke Pantai meskipun pasir putihnya tidak terlalu luas bahkan kalau air maritim Pasang pasir pantainya tak terlihat. Namun yang menjadi daya tarik wisatawan ialah keindahan Air Terjun nya ini.

Terletak di dusun Duwet, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Pantai Jogan ini juga berada di bersahabat Pantai Nglambor dan Pantai Siung . Titik Koordinat GPS Pantai Jogan -8.180326,110.676306

Rute Menuju Pantai Jogan

Dari kota Yogyakarta Pantai Jogan ini berjarak kurang lebih 70km dan sanggup di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.

Penting!! Pantai Jogan ini berada di gugusan Pantai Nglambor dan Pantai Siung jadi di sepanjang jalan sanggup melihat Plakat menuju arah Pantai Siung.

Yogyakarta > Ringroad jl. Wonosari > perempatan sampaan, > Pertigaan Piyungan. > Bukit Bintang > Patuk > Sambipitu > Hutan Bunder > Gading (lapangan terbang) > ada pertigaan ambil arah kiri menuju kota Wonosari > Playen > bundaran Siono (lurus melalui dalam kota) > Pemerintah Daerah Gunungkidul > pasar hargosari Wonosari > pertigaan sebelum polres ambil arah kanan menuju jl. Baron > Karang rejek > pertigaan mulo kalau lurus ke Pantai Baron ambil arah ke kiri menuju Pantai Siung dan sekitarnya > Bintaos > Tepus (pertigaan Tepus kalau ke kanan menuju Pantai Indrayanti ambil arah kiri menuju Pantai Siung ) > Ndakbong > Purwodadi (sebelum hingga di balai desa Purwodadi belok ke kanan lihat Plakat Pantai Jogan, Nglambor, dan Siung) > TPR (tempat pemungutan retribusi) > Setelah TPR ada pertigaan ke kanan ikuti plakat Pantai Jogan > Pantai Jogan .

Nb. Jika merasa resah hingga di TPR tanya pada petugas TPR saja, tidak terlalu jauh dari TPR ada jalan menuju Jogan.

Pesona Pantai Jogan

Tidak ibarat Pantai pada umumnya Pantai Jogan ini mempunyai gerojokan yang sangat indah. Air terjun ini berasal dari air sungai yang mengalir dari sumber mata air sungai Mendala (mendolo) yang di gunakan untuk pengairan dan untuk memenuhi kebutuhan air pada masyarakat desa Purwodadi.

Air sungai tersebut mengalir hingga ke Pantai Jogan sehingga derasnya pemikiran sungai ini menjadi gerojokan yang menawan untuk wisatawan.

Air terjun yang ada di Pantai Jogan ini kelihatan cantik dan besar ketika trend penghujan sebab kalau trend kemarau biasanya air sungainya berkurang dan biasanya di fungsikan sebagai pengairan masyarakat setempat. Ketinggian Air Terjun Pantai Jogan ini kurang lebih 10 meteran.

Ig@bingah_inawati

Keindahan Pantai Jogan tidak hanya pada air terjunnya saja namun kita sanggup menikmati pemandangan matahari terbenam dari bukit Pantai Jogan ini.

Lingkungan Pantai Jogan ini masih sangat alami dan asri di sekitaran pegunungan Pantai Jogan ini rimbun dengan pohon pandan yang menjadi ciri khas tumbuhan di pinggir Pantai.

Jika beruntung dikala kita berwisata ke Pantai Jogan ini kita sanggup turun dan berada di bawah air terjunnya pribadi dan kita sanggup bermain di bebatuan dan air laut, walaupun pasir pantainya hanya sedikit kita sanggup berfoto dan selvie di seputaran Air Terjun Pantai Jogan ini.

Namu jikalau cuaca tidak mendukung dan ombak besar lebih baik jangan turu ke bawah gerojokan sebab sanggup membahayakan wisatawan. Selain itu saluran turun menuju bawah gerojokan jalannya hanya setapak dan bebatuan. Hati-hati ya sebab sangat licin sekali.

Jika kita berjalan menuju barat sisi sebelah Pantai Jogan ini kita juga sanggup melihat pemandangan maritim lepas dan biasanya sangat di gemari oleh para penggemar mancing mania lho.

Selain itu di kawasan tebing tinggi ini juga di manfaatkan penduduk untuk menambah penghasilan ibarat mancing dan juga (ngrendet lobster) jikalau beruntung wisatawan sanggup membelinya pribadi lho.

Di Pantai Jogan ini tidak terlalu luas lokasinya tidak ibarat pantai-pantai di Gunungkidul pada umumnya namun wisatawan tidak perlu kawatir sebab di Pantai ini wisatawan akan terpesona dengan panorama yang di suguhkan nya.

Fasilitas di Pantai Jogan ini sudah tidak mengecewakan lengkap ialah parkiran, toilet, warung dan rumah makan. Akses jalan masuk menuju Pantai Jogan ini masih corblok namun cukup kondusif dikala di lalui wisatawan.
Tag : pantai
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Pantai Jogan Gunungkidul"