Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Pesona Embung Nglanggeran Gunungkidul

 Gunungkidul memiliki tempat wisata yang sangat luar biasa indahnya Ayo Berwisata di Jogja Pesona Embung Nglanggeran Gunungkidul

Pesona Embung Nglanggeran Gunungkidul




Gunungkidul memiliki tempat wisata yang sangat luar biasa indahnya. Pantai yaitu tempat paling di favoritkan oleh wisatawan ketika berwisata ke Gunungkidul ini. Selain pantai masih aneka macam tempat wisata di kabupaten Gunungkidul ibarat wisata susur Goa, wisata pegunungan, dan wisata Embung. Seperti yang satu ini Wisata Embung Nglanggeran yang luar biasa keindahannya.


Embung Nglanggeran ini berada di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Wisata Embung Nglanggeran ini menyajikan tempat wisata berupa penampungan air (telaga) diatas bukit. Banyak hal yang menarik di tempat wisata Embung Nglanggeran ini.


Embung Nglanggeran ini berada di dusun Nglanggeran Wetan, desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Embung Nglanggeran -7.847574,110.546810
Berwisata Ke Embung Nglanggeran Paling Cocok ketika sore hari alasannya kita sanggup melihat sunset dari atas pegunungan dengan keindahan Embung yang sangat mempesona bagi para wisatawan.





Rute Menuju Embung Nglanggeran


Dari kota Yogyakarta Embung Nglanggeran ini berjarak 30km dan perjalanan ke Embung Nglanggeran ini sekitar 1 jam perjalanan memakai kendaraan eksklusif


PENTING!! BILA MENUJU KE EMBUNG NGLANGGERAN INI SATU TEMPAT DENGAN GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN JADI LIHAT PLAKAT ARAH GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN.


Yogyakarta > perempatan Ringroad jl. Wonosari > perempatan Sampaan > Piyungan > bukit bintang > Patuk > Perempatan Timur Radio GCD FM (depan pos polisi) Patuk ke kiri > Desa Ngoro-Oro (banyak tower penyiaran Televisi lurus aja) > ada pertigaan sesudah Puskesmas Patuk II ambil ke arah kanan > ada pertigaan sesudah SDN Nglanggeran ke kiri > lihat papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran (gunung api purba) di jalan tikungan dan pertigaan > Embung Nglanggeran


Nb. Jika Anda merasa kebingungan silahkan bertanya kepada penduduk sekitar


Pesona Embung Nglanggeran Gunungkidul


Embung Nglanggeran berada di atas bukit ketinggian yang berada di lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran. Embung Nglanggeran sangat cocok untuk menikmati sunset dengan pesona pemandangan di sekitar Embung Nglanggeran.


Embung Nglanggeran ini yaitu tampungan air tadah hujan yang besar sekali atau telaga di atas ketinggian bekerjsama Embung Nglanggeran ini di peruntukkan untuk pengairan kebun buah di desa Nglanggeran ini. Dahulu Embung Nglanggeran ini sebelum di bangkit yaitu pegunungan biasa namun oleh masyarakat dan Pokdarwis gunung nglanggeran bersama pemerintah setempat membangun Embung ini untuk sarana pengairan.
 Gunungkidul memiliki tempat wisata yang sangat luar biasa indahnya Ayo Berwisata di Jogja Pesona Embung Nglanggeran Gunungkidul




Embung Nglanggeran ini tempat wisata yang sangat di gemari oleh wisatawan apalagi wisatawan yang hobinya berfoto atau berselfie alasannya pemandangan Embung dan juga background gunung api purba yang seolah sebagai Beteng alami menambah view foto yang sangat indah sekali.



Perjalanan menuju ke Embung sudah tidak mengecewakan gampang dan kanal yang sudah cukup anggun ketika sudah hingga di tempat parkir kita berlanjut dengan berjalan kaki dengan menaiki ratusan anak tangga yang berkelok dan di buat sedemikian rupa sehingga menambah suasana keindahan di Embung Nglanggeran ini.


Satu-satu anak tangga di lalui ketika sudah hingga atas sungguh luar biasa keindahan Embung ini, Embung yang sangat luas dengan air yang sangat higienis sekali. Suasana sejuk dengan sekeliling pepohonan hijau dan gunung nglanggeran yang menjulang tinggi serta pemandangan kebun buah dari atas ketinggian mengakibatkan nuansa yang indah sekali di tanah Gunungkidul ini.
 Gunungkidul memiliki tempat wisata yang sangat luar biasa indahnya Ayo Berwisata di Jogja Pesona Embung Nglanggeran Gunungkidul


Embung Nglanggeran ini juga bisa kita nikmati ketika malam hari dengan panorama lampu mengelilingi Embung dan suasana yang hirau taacuh akan sangat cocok untuk dinikmati sambil minum kopi bersama keluarga atau sobat kita.


Apabila wisatawan ke tempat ini ketika siang hari dan matahari sangat terik tidak perlu kawatir akan panas di tempat ini alasannya di tempat ini sudah ada akomodasi gazebo dan kita sanggup menikmati pemandangan dari gazebo yang ada disini.


Saran dari aku apabila hendak ke Embung Nglanggeran sebaiknya kala sore hari dengan pemandangan sunset dan juga sumilir angin sore yang pastinya akan kelihatan indah di Embung Nglanggeran.
Saat hendak ke Embung sebaiknya selalu hati-hati dengan Medan yang di tempuh alasannya akan sangat licin apabila ekspresi dominan penghujan.


Di area Embung Nglanggeran ini kita juga harus mematuhi peraturan yang sudah di bentuk oleh Pokdarwis setempat di larang membuang sampah dan juga berenang.


Apabila Anda suka camping menikmati keindahan malam Embung Nglanggeran di tempat ini sanggup di gunakan untuk camping namun harus menjaga kebersihan dan juga lingkungan di tempat ini ya.


Apabila hendak menuju ke tempat wisata Embung Nglanggeran ini sebaiknya pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima dan aku menyarankan apabila ketempat ini gunakanlah sepeda motor yang bukan matic, alasannya kondisi jalan yang menanjak cukup tinggi.



Fasilitas Di Embung Nglanggeran

Fasilitas di Embung Nglanggeran ini sudah cukup tidak mengecewakan bagi wisatawan yang hendak menikmati keindahan di Embung Nglanggeran ini. Fasilitas yang sudah di sediakan di Embung Nglanggeran ini yakni,
- tempat parkir yang tidak mengecewakan luas dan sudah sangat tertata lagi
- mushola
- kamar mandi
- rumah makan
- warung
- tempat buah tangan
- pendopo
 Gunungkidul memiliki tempat wisata yang sangat luar biasa indahnya Ayo Berwisata di Jogja Pesona Embung Nglanggeran Gunungkidul


Tiket Masuk Ke Embung Nglanggeran

Tiket masuk ke Embung Nglanggeran ini sangat lah murah meriah dengan Wisata alam yang kita dapatkan. Per orang tiket masuknya hanya sekitar Rp. 10.000, sangat murah bukan.
Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Pesona Embung Nglanggeran Gunungkidul"

Back To Top