Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Pantai Bukit Pengilon Gunungkidul Yogyakarta

Ig : tomystyawan

Rute / Jalan / Akses Menuju Pantai Bukit Pengilon Gunungkidul Yogyakarta




Gunungkidul akhir-akhir ini tengah gencarnya mempromosikan tempat-tempat wisata yang di anggap gres dan masih sangat alami.


Banyak sekali destinasi daerah wisata yang kian hari semakin bermunculan di khalayak publik.


Seperti halnya Pantai Bukit Pengilon ini. Sebenarnya Bukit Pengilon ini tidak ada hamparan pasirnya yang luas mirip pantai-pantai pada umumnya di Gunungkidul melainkan hanyalah sebuah bukit dengan Padang rumput yang hijau nan luas ini.


Bukit Pengilon sendiri berada sempurna di dusun Ngelo, kelurahan Balong, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titi Koordinat GPS Bukit Pengilon -8.186178,110.691229
 Akses Menuju Pantai Bukit Pengilon Gunungkidul Yogyakarta Ayo Berwisata di Jogja Rute Menuju Pantai Bukit Pengilon Gunungkidul Yogyakarta





Ada Dua Rute Untuk Menuju Bukit Pengilon Sebagai Berikut.



- Yang Pertama Rute Melalui desa Balong

Secara geografis Bukit Pengilon ini berada di desa Balong dan sempurna berada di sebelah selatan dari kaki Gunung Api Purba Batur, sehingga jauh lebih bersahabat dari desa Balong. Namun melalui jalur ini hanyalah jalan setapak yang belum di beri petunjuk arah.

Rute Menuju Bukit Pengilon Melalui desa Balong.

Dari Kota Yogyakarta Bukit Pengilon ini berjarak 80km dan sanggup kita tempuh memakai kendaraan langsung kurang lebih 2 jam perjalanan.


Penting!! Untuk Menuju ke Bukit Pengilon Melalui Desa Balong Ikuti Jalur Wediombo atau Pantai Watu Lumbung alasannya yakni berada satu lokasi


Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari (perempatan Ketandan) >  Sampaan > Piyungan > Bukit bintang > Patuk. > Sambipitu > Bunder > Gading > Siono > Wonosari > Jl. Baron > Mulo > Tepus > Purwodadi > Balong > Jepitu ( ada pasar di pertigaan Jepitu ambil arah kanan jikalau menuju Pantai Wediombo) > Setelah TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) sebelum hingga di pantai Wediombo belok ke kanan ke arah jalan cor blok ( lihat plakat menuju arah pantai Watu Lumbung dan juga gunung api purba Batur) ikuti jalan cor blok tersebut melalui ladang-ladang penduduk > ambil arah kiri menuju pantai Watu Lumbung > parkiran Watu Lumbung > (tracking) > Pantai Bukit Pengilon.


Nb. Selain melalui jalur wediombo juga ada jalur lain yaitu Balai desa Balong keselatan mengikuti jalan cor blok dan ikuti petunjuk ke arah Pantai Watu Lumbung


- Yang kedua rute melalui Pantai Siung

Rute yang ke dua ini sering juga sebagai alternatif ketika hendak menuju Bukit Pengilon. Namun jarak tempuhnya dari pantai siung lebih jauh dari pada melalui desa Balong atau pantai Watu Lumbung.


Rute Menuju Bukit Pengilon Melalui Pantai Siung


Jarak tempuh dari kota Yogyakarta hampir sama yakni 80 km hingga hingga di bukit pengilon ini memakai kendaraan pribadi. Dan kurang lebih menghabiskan 2 jam perjalanan.

Penting!! Untuk menuju Bukit Pengilon Melalui Pantai Siung Sebaiknya Anda Mengikuti Petunjuk Arah Ke Pantai Siung Karena Kendaraan Kita di Parkir di Pantai Siung


Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari (perempatan Ketandan) >  Sampaan > pertigaan. Piyungan > Bukit bintang > Patuk. > Sambipitu > Bunder > Gading > Siono > Wonosari > Jl. Baron > Mulo > Tepus > Purwodadi > ada pertigaan ke kanan arah pantai siung (belok kanan ikuti arah ke Pantai Siung) > Pantai Siung > tracking Pantai Banyu Nibo > Bukit Pengilon


Nb. Dari pantai siung menuju bukit pengilon lebih jauh namun jalan setapaknya sudah lebih tertata dari pada melalui desa Balong.


Nah itulah tadi rute Paling efektif ketika hendak menuju Bukit Pengilon Gunungkidul, mengenai bukit pengilon yuk lanjut baca hingga selesai artikel.


Sekilas Tentang Bukit Pengilon

Bukit pengilon bahu-membahu bukan pantai pada umumnya yang memiliki pasir putih, namun Padang rumput yang tidak mengecewakan luas dengan perbatasan bahari yang biru menggelora.





Suasana ketika berada di bukit pengilon sangat menarik yakni kita sanggup menikmati pemandangan bahari lepas dan melihat pantai di sekeliling bukit pengilon yakni dari sebelah paling timur terlihat dari kejauhan yaitu Pantai Wediombo, kemudian Pantai Nampu, Pantai Watu Lumbung. Sementara untuk disisi kanan nya Paling bersahabat dari Bukit Pengilon yaitu Banyu Nibo, Lalu Pantai Siung.
 Akses Menuju Pantai Bukit Pengilon Gunungkidul Yogyakarta Ayo Berwisata di Jogja Rute Menuju Pantai Bukit Pengilon Gunungkidul Yogyakarta


Sangat Indah ketika sanggup menikmati jagat Balong ini dari atas ketinggian. Dengan deburan ombak yang menderu di Sertai angin bahari yang sepoi-sepoi.


Bukit Pengilon ketika ini sangat di minati kaum muda mudi sebagai daerah camping paling di buru. Karena eksotisme pemandangan yang ada disini.


Fasilitas di bukit pengilon ini sama sekali belum ada sebaiknya apabila ingin ke daerah ini atau lebih-lebih ingin camping lebih baik menyiapkan perbekalan dari rumah.


Selain itu bukit pengilon juga sebagai ajang daerah mancing ikan. Karena posisi berada di ketinggian dan berbatasan dengan bahari lepas jadi di sini konon banyak ikan yang besar.


Nama bukit pengilon sendiri diambil masyarakat setempat alasannya yakni kerikil yang berbatasan dengan air bahari ibarat Pengilon atau dalam bahasa Indonesianya yakni "cermin".


Di bukit pengilon juga sangat cocok bagi wisatawan yang gemar dengan fotographi alasannya yakni di sini nuansa nya sangat menyatu antara pemandangan alam dan juga pemandangan lautnya.


Anda berminat kesini?? Silahkan berkunjung kemari dan nikmati pemandangan yang berada di bukit pengilon ini. Pastinya anda tidak akan rugi. Selamat berwisata :)
Tag : pantai, wisata
1 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute Menuju Pantai Bukit Pengilon Gunungkidul Yogyakarta"

Back To Top