Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami

 Gunungkidul mempunyai gugusan tempat wisata yang sangat populer Ayo Berwisata di Jogja Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami


Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami




Gunungkidul mempunyai gugusan tempat wisata yang sangat terkenal, mulai dari pantai, Embung, pegunungan, dan juga wisata goanya. Gunungkidul kaya akan tempat wisata terlebih wisata pantainya yang membentang ratusan pantai yang sanggup di jumpai di tanah Gunungkidul ini. Seperti Pantai yang sudah sangat populer namanya di kalangan wisatawan yakni Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti ini juga sering di sebut dengan nama Pantai Pulang Syawal .


Pantai Indrayanti ini berada berdekatan dengan Pantai Sundak dan juga Pantai Poktunggal. Pantai Indrayanti terletak di dusun Ngasem, desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Indrayanti ini populer dengan Pantai yang masih sangat alami, higienis dan juga mempunyai hamparan pasir yang sangat luas. Keindahan pantai Indrayanti ini juga di lengkapi dengan pegunungan yang bagus yang di bangkit sedemikian rupa untuk menikmati pantai Indrayanti dari atasnya. Titik Koordinat GPS Pantai Indrayanti -8.150776,110.612881


(Video dan rute sanggup di lihat di selesai artikel ini)

Asal Muasal Nama Pantai Indrayanti Yang Sebenarnya



Pantai Indrayanti sudah sangat tidak absurd lagi bagi kalangan pecinta wisata di Gunungkidul. Pantai Indrayanti yang populer akan kebersihan dan yang menjadi tujuan paling utama kala wisatawan hendak berkunjung ke Pantai yang berada di gunungkidul ini ternyata nama Indrayanti bukan nama bergotong-royong dari Pantai ini.


Pantai Pulang Syawal di berikan nama pada pantai ini oleh pemerintah Gunungkidul dan juga masyarakat setempat. "Kenapa kok menjadi populer dengan nama pantai Indrayanti menyerupai nama orang? " Mungkin ini pertanyaan di benak Anda.




Sebenarnya asal muasal nama Pantai Indrayanti ini diambil dari nama pemilik resto dan juga nama resto yang berada di bibir pantai ini. Disana terpampang dengan terang plakat dengan nama Indrayanti. Dan seakan menjadi pintu masuk ke Pantai ini. 
 Gunungkidul mempunyai gugusan tempat wisata yang sangat populer Ayo Berwisata di Jogja Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami

"Ketika kita tiba ke pantai ini sangat tidak terang bukan pintu masuknya sebelah mana? dan taunya pengunjung ini ialah pintu masuk ke pantai namun bergotong-royong ini pintu masuk ke resto, walaupun sanggup juga untuk memasuki daerah pantai"


Banyak Wisatawan yang seakan membaca plakat resto ini menjadi nama Pantai ini dan sudah sangat menempel pada wisatawan absurd maupun lokal.


Nama Pantai Indrayanti sempat menjadi kontroversi diantara pemerintah dan juga kalangan masyarakat sebab nama bergotong-royong ialah pantai pulang Syawal. 


Indra dan Yanti ialah pasangan suami istri yang mendirikan perjuangan di Pantai ini.
Pantai Indrayanti ini juga sempat mau di tutup oleh pemerintah sebab Resto Indrayanti berada di area Sultan Ground dan sempurna berada di bibir pantai. Namun entah kenapa masih hingga kini resto tersebut masih berdiri kokoh di sana.


Pengembangan Pantai Indrayanti sempurna pada sekitar tahun 2011 yang dahulunya hanya menyerupai pantai kosong dan ga terawat sama sekali. Namun ketika ini menjadi lautan wisatawan disana. Hal ini juga tak luput keikut sertakan para investor dalam membangun dan menyebarkan pantai Indrayanti sebagai tujuan wisata paling utama ketika ini.
 Gunungkidul mempunyai gugusan tempat wisata yang sangat populer Ayo Berwisata di Jogja Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami


Keindahan Pantai Indrayanti




Pantai Indrayanti menjadi tempat paling favorit di mata para wisatawan sebab masih tergolong gres selain itu Pantai Indrayanti juga sangat higienis dan menawan.


Pantai Indrayanti mempunyai hamparan pasir pantai nan luas dan panjang kurang lebih 700meter. Selain mempunyai pasir putih yang lembut pantai ini air lautnya juga masih higienis dan biru.


Beberapa akomodasi yang ada di pantai ini menambah daya tarik wisatawan yang hendak berliburan ke pantai ini, sudah sangat lengkap akomodasi yang berada di pantai ini.


Keindahan Pantai Indrayanti juga sanggup dinikmati dari atas bukit sebelah timur dan juga di sebelah baratnya. Dari atas bukit kita sanggup menikmati keindahan pantai ini selain itu kita juga sanggup menikmati sunset kala matahari sudah tenggelam.
 Gunungkidul mempunyai gugusan tempat wisata yang sangat populer Ayo Berwisata di Jogja Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami


Penataan pantai Indrayanti sangat rapi dan memadupadankan seni juga kealamian dari pantai ini mulai dari pohon pandan yang rapi, pertokoan, warung makan , tempat oleh-oleh, resto, penginapan, maupun villa ini menciptakan Pantai Indrayanti ini semakin ciamik dan ramah lingkungan untuk di kunjungi.


Fasilitas Di Pantai Indrayanti

Fasilitas di pantai ini sudah sangat komplit dan bahkan kalau wisatawan mau berlama-lama di pantai ini juga bisa. Berikut ini banyak sekali akomodasi yang berada di pantai Indrayanti,


- Rumah makan (resto)

Dengan banyak sekali sajian kuliner seafood ada disini dan disediakan dengan fresh, selain itu Anda juga sanggup menikmati kuliner khas Gunungkidul dan juga kuliner khas ndeso. Pokoknya Anda tinggal pilih sesuai selera anda.


- Tempat Oleh-oleh

Di pantai Indrayanti ini banyak pengembang dan juga investor yang menyebarkan bisnisnya menyerupai halnya buah tangan khas Pantai Indrayanti menyerupai toko pakaian, kuliner seafood menyerupai (udang, kepiting, ikan dll) untuk buah tangan keluarga di rumah.


- Penginapan / villa

Di pantai Indrayanti juga lengkap dengan akomodasi penginapan yang relatif murah. Tarif yang dikenakan dalam waktu 24jam per kamar seharga Rp. 250.000; cukup murah bukan. Dan jangan kawatir jikalau Anda berwisata dengan keluarga besar Anda maka di pantai ini juga tersedia villa untuk banyak orang tarifnya dalam waktu 24jam ialah Rp. 1.000.000;


- Parkiran

Parkiran di Indrayanti ini sangat luas dan mobil, bus, motor sanggup masuk hingga ke bibir pantai Indrayanti. Tarif parkir motor Rp. 2.000 kendaraan beroda empat Rp. 5.000


- Toilet

Toilet di Indrayanti juga relatif banyak, jadi Anda tidak perlu kawatir dengan mengantri ketika mau ke toilet


- Mushola

Di pantai Indrayanti juga sudah tersedia mushola, jadi jangan kawatir kita wisata namun masih tetap menjalan kan ibadah.


- Payung dan Tikar

Di pantai Indrayanti kala siang hari sangatlah terik sambil menikmati keindahan pantai Anda jangan kawatir sebab kepanasan disini sudah di sediakan penyewaan payung dan Tikar sehingga anda tetap sanggup bersantai di pinggir pantai. Tarifnya Rp. 20.000;


- Jetski

Bagi yang ingin menikmati keindahan Indrayanti dari tengah maritim Anda sanggup menyewa jetski dan tentunya bersama pemandunya. Paket jetski yang ada di sini per orang Rp. 250.000; per 15 menit


- Posko Sar

Di pantai Gunungkidul populer sekali ombak yang tinggi dan tak sedikit korban yang terseret ombak sebab wisatawan banyak yang melanggar hukum untuk tidak berenang. Untuk mengatasi hal yang tidak di inginkan di pantai Indrayanti di dirikan posko SAR yang selalu siap siaga menjaga wisatawan.


Liburan Ke Pantai Indrayanti Bersama Keluarga

Hari Minggu pagi kami berlibur ke pantai indrayanti, sebab sudah cukup usang tidak liburan ke pantai Indrayanti kami seakan rindu akan suasana pantai ini. Terakhir ke pantai Indrayanti pada ketika Indrayanti sudah mulai ramai pengunjung dan banyak pembangunan di pantai ini.


Bersama keluarga kami memutuskan untuk ke pantai Indrayanti. TPR (tempat pemungutan retribusi) pun terlihat sudah berganti tempat kalau dulu setelah pantai menuju Pok Tunggal namun kini posisinya berada sebelum pantai Poktunggal kalau arah kita dari Tepus.


Tarif per orang Rp. 10.000; untuk memasuki gugusan daerah wisata pantai dari Poktunggal hingga Baron sangat murah bukan? Jangan lupa selalu minta karcis retribusi kepada petugas untuk menghindari hal-hal yang jelek terjadi. 
 Gunungkidul mempunyai gugusan tempat wisata yang sangat populer Ayo Berwisata di Jogja Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami

Sesudah sanggup karcis kami lanjut jalan, dengan suasana jalan yang masih sama dengan dulu.


Sesampai di daerah Indrayanti kami di suguhi dengan pembangunan yang sangat maju di daerah wisata ini menyerupai halnya penginapan yang berjajar di timur pantai Indrayanti ini, selain itu parkiran kendaraan yang sangat luas padahal dulu disini masih sawah ni dalam hati saya.


Setelah memarkir kendaraan, kami sempat kebingungan jalan menuju pantainya sebab terhalang begitu banyak pertokoan hingga warung makan. Sungguh suasana yang sudah sangat maju dari yang dulu. 

Penataan bangunan hingga pedagang kaki lima yang sangat rapi hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan menuju Pantai ini.


Pantai Indrayanti masih sangat higienis sekali dan pasir putihnya masih sangat lembut menyerupai dulu waktu belum banyak pengunjung. Karena di pantai terlalu banyak pengunjung kami bersama keluarga menengok gunung yang berada di sebelah timur dari pantai Indrayanti. Disana kayaknya sudah ada pembangunan dan penataan untuk menikmati pantai ini dari atas bukit.


Bukit Karang Gunungkidul sebuah goresan pena yang sangat indah di puncak gunung sisi timur dari Indrayanti ini. Dan menjadi obyek foto para wisatawan dari bukit Indrayanti ini. Tiket masuk menuju Bukit Karang Gunungkidul ini per orang Rp. 2.000. jalan menuju bukit sudah di bangkit tangga namun cukup curam jalannya.
 Gunungkidul mempunyai gugusan tempat wisata yang sangat populer Ayo Berwisata di Jogja Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami


Menuju bukit nafas tidak mengecewakan terengah-engah ya itung-itung memperabukan lemak. Sesampai di atas bukit kami berfoto-foto dan menikmati keindahan pantai Indrayanti dari atas bukit, kalau kita melihat ke arah selatan atau barat akan melihat luasnya lautan, dari Puncak sini kalau sore tiba sanggup melihat sunrise namun kala saya tiba kesini pagi hari jadi hembusan udara pagi yang sangat dingin.


Puas diatas bukit kami mulai bermain-main di pasir putih nan lembut ini, sebab ombak cukup besar kamipun tidak mau mengambil resiko bermain air, menuju arah ujung barat dari Indrayanti pemandangan kerikil atau gunung yang di belah atau Watu belah menjadi Angel view foto yang sangat bagus di pantai Indrayanti ini.
 Gunungkidul mempunyai gugusan tempat wisata yang sangat populer Ayo Berwisata di Jogja Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami


Barisan pohon pandan yang berjajar rapi di bibir pantai Indrayanti ini menjadi pemandangan yang sangat asri bila ke pantai ini.


Kebersihan di pantai ini selalu terjaga sebab disini menerapkan hukum yang sangat ketat sebab jikalau Anda membuang sampah sembarangan disini anda di kenai denda persampah Rp. 10.000; dan uangnya akan masuk khas pengelolaan tempat wisata di pantai ini.


Selain itu di pantai Indrayanti ini sanggup di buat untuk camping, bagi Anda pecinta camping Anda sanggup melakukannya di pantai ini dan Anda tidak perlu kawatir akan akomodasi yang akan Anda butuh kan di pantai ini.


Anda sanggup menghabiskan waktu bersama keluarga Anda untuk bersenang-senang dan menghilangkan segala penat rutinitas Anda di Pantai Indrayanti ini.


Baca Juga : PUNCAK KOSAKORA .


Rute Menuju Pantai Indrayanti

Dari Yogyakarta Pantai Indrayanti ini berjarak kurang lebih 80km dan sanggup di tempuh dengan kendaraan langsung dengan 2 jam perjalanan. Berikut ini rute paling efektif untuk menuju Pantai Indrayanti,


Penting. Menuju Pantai Indrayanti sebaiknya melalui Tepus sebab rute jalurnya belum terlalu ramai.


Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari > Sampaan > Piyungan > bukit bintang ( Patuk) > Sambipitu > Bunder > Gading (lapangan terbang) > belok kiri menuju kota Wonosari > Playen > Siono > kota Wonosari > (sesudah pasar ada pertigaan belok kanan menuju arah jalan baron) > karang rejek > mulo (belok kiri menuju arah Tepus) > Bintaos > Tepus > Pantai Indrayanti.
 Gunungkidul mempunyai gugusan tempat wisata yang sangat populer Ayo Berwisata di Jogja Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami


Nb. Jika Anda resah sanggup bertanya pada warga penduduk sekitar, warga Gunungkidul sangat ramah-ramah kok.


Berikut ini video pantai Indrayanti

Tag : pantai
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pesona Keindahan Alami"

Back To Top