Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Rute, Jalan, Peta Lokasi Menuju Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul

 Peta Lokasi Menuju Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul Ayo Berwisata di Jogja Rute, Jalan, Peta Lokasi Menuju Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul



Rute, Jalan, Peta Lokasi Menuju Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul

Destinasi kawasan wisata gres semakin hari semakin banyak di kabupaten Gunungkidul ini. Banyak pembukaan kawasan wisata gres dari mulai air terjun, Pantai, Embung, dan juga Gunung. Seperti Gunung yang satu ini belum usang di jadikan kawasan wisata untuk menyedot wisatawan ke Gunungkidul. Gunung Gentong ini terletak di dusun Manggung, desa Ngalang, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul. Titik Koordinat GPS Gunung Gentong -7.855019,110.573891

Gunung Gentong ini biasanya di gunakan masyarakat setempat untuk nyadran, dan konon katanya Gunung Gentong ini pernah di singgahi oleh prabu brawijaya V. Pada hari tertentu dan bulan tertentu biasanya Gunung Gentong ini di gunakan untuk upacara adat. Banyak mitos-mitos yang beredar di masyarakat perihal Gunung Gentong ini, katanya ada yang sanggup mencari pesugihan untuk bertapa dan lain sebagainya. Terlepas dari mitos, peninggalan, dan dongeng yang beredar di masyarakat yuk kita ikuti pembahasan Tentang Wisata Gunung Gentong sebagai berikut,

Rute, Jalan, Lokasi menuju Gunung Gentong Gedangsari

Dari kota Yogyakarta lokasi ini berjarak 40km sanggup ditempuh dengan 1jam perjalanan memakai kendaraan pribadi, berikut rute jalan yang paling efektif.

Yogyakarta > jalan Wonosari > Sampaan. > Piyungan > Patuk.(bukit bintang) > GCD >Pertigaan Sambipitu ke arah kiri menuju nglipar >  Sebelum SDn klebu belok kiri > Gedangsari > desa Ngalang > Dusun manggung > ada pohon di pertigaan jalan ambil arah kiri > Gunung Gentong.

 Peta Lokasi Menuju Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul Ayo Berwisata di Jogja Rute, Jalan, Peta Lokasi Menuju Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul

Setelah hingga di parkiran tepatnya berada di kaki gunung, kamipun memarkirkan kendaraan di bersahabat rumah warga dan kami bertanya pada bapak-bapak

"Pak jikalau gunung Gentong itu jalannya lewat mana ya pak naiknya" tanya kamikami

"Ow ya betul lewat sini mas nanti ikuti jalur itu saja tidak terlalu jauh kok naiknya" balas bapak

Setelah berterima kasih kamipun melanjutkan perjalanan kami dengan mengikuti jalur yang sudah ada. Jalur menuju kawasan wisata ini memang belum cukup cantik dan mungkin kedepannya agar pemerintah Gunungkidul menawarkan solusi atas terusan ke kawasan ini, selain jalanan yang kurang cantik juga untuk berpapasan kendaraan roda 4 masih belum bisa. Perjalanan yang cukup melelahkan di temani dengan teriknya matahari haduh sungguh panas dan bercucuranlah keringatku.


Anak tangga di pertengahan bukit ini memang sengaja di bangkit untuk meringankan perjalanan untuk menuju ke puncak. Sekilas gunung ini batuannya besar-besar dan hampir kaya Gunung Batur yang ada di Girisubo. Sesampainya di puncak kamipun sanggup bernafas lega dan kami sanggup melihat pemandangan yang ada disini. Dan anehnya gunung ini sesuai dengan namanya ibarat Gentong, Gentong sendiri jikalau di Jawa sebagai kawasan penampungan air mungkin ini kali ya lantas orang dahulu menamainya Gunung Gentong.


Diatas bukit selain kita sanggup menikmati pemandangan persawahan penduduk yang hijau dan berterasering wah sungguh mirip pemandangan di Padang rumput jikalau dari atas kita juga sanggup melihat pemandangan bekas sesaji mungkin untuk program adat.


Sudah foto-foto sudah menikmati pemandangan alam sudah melepas lelah sudah semuanya dan kaya ada pengalaman gres nih kamipun kunjung turun gunung alasannya udah mau turun hujan nih takut medannya licin nanti.


Tempat wisata ini sangat saya rekomendasikan buat para penggemar traveler selain tempatnya alami disini juga kita sanggup berguru menyayangi alam kita. Di kawasan ini bagi yang ingin camping di gunung ini sanggup kok asalkan lebih baik minta izin dulu kepada masyarakat setempat.


Untuk akomodasi sama sekali belum ada dan di harap membawa perbekalan masing-masing ya dan untuk retribusi di wisata gunung ini masih gratis begitu pula parkirnya. Selamat berwisata jaga lingkungan alam kita :)
Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute, Jalan, Peta Lokasi Menuju Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul"

Back To Top