Cari Blog Ini

Gunungkidul mempersembahkan aneka macam macam jenis kawasan wisata Ayo Berwisata di Jogja Embung Batara Sriten Gunungkidul, Telaga Paling Tinggi di Yogyakarta
Embung Batara Sriten Gunungkidul, Telaga Paling Tinggi di Yogyakarta

Gunungkidul mempersembahkan aneka macam macam jenis kawasan wisata, tidak hanya pantai saja yang menjadi daya tarik para wisatawan namun aneka macam wisata alam yang ada di kabupaten Gunungkidul ini menyerupai Embung Batara Sriten yang di berdiri untuk pengairan warga setempat. Embung ini juga terletak tidak sewajarnya alasannya ialah di puncak gunung yang sangat tinggi. Embung Batara Sriten ini terletak di dusun Sriten, desa Pilangrejo, kecamatan Nglipar, kabupaten Gunungkidul. Titik Koordinat GPS Embung Batara Sriten -7.832578,110.632453

Minggu pagi kami berniat ingin naik ke Embung Batara Sriten cuacanya juga sangat mendukung sekali. Setelah berjalan cukup usang kami hingga di dusun Sriten sudah menjadi tradisi ketika kami berwisata ke pelosok Gunungkidul kami bertanya kepada penduduk sekitar yang populer keramah tamahannya. Setelah menerima petunjuk kamipun melanjutkan perjalanan kita menuju Embung, jalan yang sangat terjal ini menuntun kami untuk hingga di puncak, perjalanan kepuncak dengan memakai kendaraan dengan jalan hanya corblok yang sudah banyak yang jebol menciptakan kami sangat was-was. Serasa berhenti bernafas bila melihat kecuraman jalan disini dan di hiasi jalan berliku-liku tapi semua ini tidak sanggup menghentikan niat kami.

PENTING!!! Ketika mau menuju ketempat ini sebaiknya periksa dahulu kendaraan Anda dari mulai mesin hingga rem, dan di kondisikan kendaraan selalu prima.

Menghelai nafas lega ketika kami hingga di puncak dan memandang kiri kanan pemandangan disini. Embung Batara Sriten ini Telaga yang di berdiri di atas ketinggian dan airnya berasal dari tadah hujan, dari Puncak kita sanggup melihat 180° dan tidak yang menghalangi sedikitpun, dari atas puncak gunung kita sanggup melihat Wonogiri, Klaten juga kota Yogyakarta. Sangat nampak sekali gunung berapi dengan berhiaskan awan. Birunya air yang ada di Embung ini juga sangat menyejukan hati.

Sejenak kami beristirahat di warung yang ada disini dengan memesan minuman es teh untuk melegakan tenggorokan saya. Sesekali kami ngobrol dengan yang punya warung,

"apakah disini juga sering buat camping buk"? Tanya saya

"Iya mas disini biasanya mereka menikmati malam dengan melihat pemandangan lampu di kota Klaten dan sekitarnya, sangat elok lho" terangnya

"Berarti hampir sama bukit bintang itu ya buk" balas sayasaya

"Iya namun lebih elok sini alasannya ialah di sini ga ada penghalang sedikitpun" jawab ibu

Wah terlintas dipikiran aku suatu ketika aku pengen nih camping disini, bila ketika ini tidak memungkinkan alasannya ialah berangkat aja pagi otomatis disini harus sehari, lagian ga bawa peralatan camping.

Setelah minum di warung kami melihat-lihat pemandangan di sekitar sini dan berfoto-foto. Lokasi ini juga paling tinggi yang berada di kabupaten Gunungkidul ini.

Untuk akomodasi di sini juga sudah cukup lumayan, ada warung, toilet, parkiran. Tiket masuk ke Embung Batara Sriten ini hanya 3.000 per orang sangat murah bukan dengan keindahan yang sanggup kita nikmati.

Setelah cukup usang kami disini dan matahari sudah sangat terik kami putuskan untuk segera turun, di ketika mulai turun kami juga sangat was-was alasannya ialah medan yang terjal ini. Disini juga rem kendaraan kita harus optimal, pelan-pelan kami turun sambil melihat pemandangan yang ada di bawah tak terasa kami pun hingga di bawah. Berkunjung kesini harus yang sudah memiliki teknik mengemudi yang sudah mahir ya.

Nb : Bila ekspresi dominan penghujan apabila ingin kesini diharap hati-hati pastinya sangat licin dan Medan sangat terjal.

Rute, Jalan menuju Embung Batara Sriten Gunungkidul

Embung ini berjarak dari kota Yogyakarta 50km dan sanggup di tempuh dengan 1jam 30menit perjalanan memakai kendaraan pribadi, berikut rute paling efektif untuk menuju Embung Batara Sriten Gunungkidul,

Yogyakarta > Jl.Wonosari > Piyungan > Patuk (bukit bintang) > Sambipitu (ambil arah kiri menuju arah Nglipar >
(Hutan Kayu Putih masih lurus aja) > ada pertigaan sebelum  hingga pasar Nglipar kemudian ambil arah ke kiri menuju Ngawen > kelurahan desa Pilangrejo tidak jauh dari situ ada pertigaan kecil belok kekiri jalan cor blok > ikute penunjuk arah menuju Embung Batara Sriten Gunungkidul > Embung Batara Sriten. (Kalau Anda merasa galau pakai trik aku tadi menyerupai di atas yang sudah aku sebutkan kita keluarkan jurus andalan yaitu bertanya kepada warga sekitar, bila kita bertanya sopan kita niscaya akan di kasih tau kok. Ingat orang Jogja itu ramah-ramah lho hehe..)
Selamat berwisata...

Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Embung Batara Sriten Gunungkidul, Telaga Paling Tinggi Di Yogyakarta"