Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Rute Dan Tiket Masuk Ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

 

 Rute dan Tiket Masuk ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul





Gunungkidul semakin populer akan tempat wisatanya di kalangan para traveler dalam dan luar negeri saja. Banyak tempat wisata yang kian hari kian menunjukkan ke indahannya.


Seperti halnya Pantai yang belum usang dibuka oleh pemerintah daerah ini yang hingga ketika ini meskipun kanal masih tidak mengecewakan sulit namun pengunjung sudah sangat membludak.


Keindahan Pantai Poktunggal ini sanggup memikat hati para wisatawan dengan mempersembahkan panorama alaminya serta kebersihan di lingkungan wisatanya.
Selain itu hamparan pasir putih higienis nan luas sanggup anda nikmati kala berwisata ke pantai Pok Tunggal ini.


Yang paling menarik kala ke Pantai Poktunggal ini adalah ikon pohon duras biasanya sebagai background foto para pengunjung.


Lokasi Pantai Pok Tunggal



Pantai pok tunggal ini berada di daerah jajaran pantai lainnya yang sudah sangat ternama di kalangan traveler yakni Pantai Indrayanti. Pantai Poktunggal berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Pantai Pok Tunggal -8.154821,110.621083




Rute Menuju Pantai Pok Tunggal Gunungkidul


Dari sentra kota Yogyakarta pantai Pok tunggal ini berjarak kurang lebih 85km, dan sanggup ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih memakan waktu perjalanan 2 jam.

Yogyakarta > ambil arah ke daerah wonosari > Ringroad Ketandan > jalan Wonosari > Sampaan > pertigaan Piyungan > bukit bintang > patuk > pasar buah Sambipitu > Sambipitu > hutan Bunder > perempatan gading > lapangan terbang Gading ( ada pertigaan ambil kiri melalui kota Wonosari ) > Playen > bundaran Siono ambil lurus menuju kota Wonosari > Pemerintah Daerah Gunungkidul > pasar Wonosari (setelah pasar ada pertigaan ke dua ambil kanan menuju jalan baron ) > Karangrejek > mulo (pertigaan ambil kiri arah ke pantai Wediombo, siung, Indrayanti kalau lurus menuju pantai baron ) > menth3l > Bintaos > desa Tepus > ada pertigaan ke kiri arah Wediombo dan siung ke kanan menuju Pok tunggal dan Indrayanti > TPR (tempat pemungutan Retribusi) > sesudah TPR tidak berselang usang ambil kiri menuju pantai Pok Tunggal > Pantai Pok Tunggal.


Rute Menuju Pantai Pok Tunggal dari kota Solo dan Klaten.

Dari arah solo dan Klaten sanggup melalui semin > karangmojo > Semanu > kota Wonosari > jl. Baron > mulo ( pertigaan ambil kiri) Bintaos > desa Tepus > ada pertigaan ambil kanan menuju pantai Pok tunggal > TPR > Pantai Pok Tunggal.

Nb. Jika merasa resah sanggup bertanya pada warga sekitar Tepus.


Pesona Keindahan Pantai Pok Tunggal Gunungkidul




Setelah masuk ke daerah Pantai Poktunggal ini wisatawan akan mencicipi trip yang tidak mengecewakan eksstrim alasannya medan yang di tempuh bukan jalan biasa melainkan jalan bebatuan.


Perjalanan bebatuan ini berjarak kurang lebih 2km alasannya belum pernah lewat di Medan sulit jadi kelihatan lebih lama.




Namun di sepanjang perjalanan kita di suguhi dengan pemandangan alam yang hijau royo-royo lho dan ladang milik para penduduk setempat.


Sebelum hingga di pantai Pok tunggal ternyata ada jalan juga menuju pantai gres lho yakni pantai seruni dengan Medan yang hampir sama ibarat ke pantai Pok tunggal.


Ketika traveler hampir hingga ketika di jalan yang menukik turun taj4m wisatawan sudah sanggup menikmati aroma pantai dengan pemandangan yang biru dan bersih.


Sudah tak sabar rasanya untuk segera hingga di Pantai Poktunggal ini. Sesampai di parkiran yang tertata rapi dan pemandangan indahnya pantai ini yang di balut dengan panorama alam, gunung-gunung menjulang tinggi seolah jadi benteng bagi pantai ini dari ramainya kota.


Sejenak kita sanggup berfoto di pohon duras yang sebagai ikon pantai ini, eitss.. namun wisatawan hanya di perbolehkan foto di bawahnya ya dihentikan memanjat apalagi merusak pohon ini.


Beranjak ke pasir putihnya yang indah, bersih, dan mempesona ini bagaikan Kilauan emas yang sangat mengkilap.


Jika ke pantai Poktunggal wisatawan akan di manjakan dengan luasnya hamparan pasir putih nan luas. Makara bila Poktunggal ini sudah banyak di kunjungi wisatawan jangan kawatir pantai ini akan berjubel dengan orang ya. Karena tempat nya sangat luas. Dan wisatawan masih sanggup bermain di pasir pantainya.


Jika beruntung ketika animo kemarau dan air surut wisatawan juga sanggup melihat eksklusif para warga setempat memanen rumput bahari lho, dan bila ingin beli boleh kok dan murah lagi.


Ada lagi satu pengalaman penulis ketika berada di Pok Tunggal bersama keluarga besar yakni makan bareng berada di bawah pohon di kaki gunung dari pantai Pok tunggal ini.


Dengan membawa tiker dan bekal dari rumah makan bersama sambil menikmati keindahan pantai itu sangat luar biasa.

Namun pengalaman ini ketika penulis tiba kesana belum terlalu ramai dan belum banyak pengunjung ibarat ketika ini.


Keindahan Pantai Pok Tunggal dari atas Bukit



Menikmati keindahan pantai Poktunggal tidak hanya melalui pasir putihnya saja, namun wisatawan sanggup menikmati pantai Pok tunggal dari atas bukit sebelah barat maupun di sebelah timur pantai Pok tunggal.


Sangat indah sekali pantai Pok tunggal di lihat dari atas ketinggian. Menaiki bukit untuk menikmati keindahan pantai ini sudah ada jalannya yang kondusif lho, namun wisatawan menawarkan dana sukarela sekedarnya. Di atas bukit sudah ada gazebo.


Sehingga wisatawan sanggup santai dan menikmati indahnya pantai Poktunggal ini. Bisa melalui bukit Utara maupun bukit pojok selatan dari pantai Pok tunggal ini.



Tebing Nan Cantik di Pantai Pok Tunggal


Selain pantai nya di pantai Poktunggal ini kita juga sanggup menikmati keindahan tebing yang menjulang tinggi hingga kurang lebih 50an meter,


Seolah menjadi Beteng bagi pantai Pok tunggal dari ramainya dunia, namun sayang sekali hingga ketika ini belum banyak yang tau dan belum ada jalur untuk panjat tebing.


Karena kalau di lihat dari bebatuannya tak kalah dengan yang berada di pantai siung lho.


Camping Di Pantai Pok Tunggal

Tak bagi kalian traveler yang ingin menikmati keindahan pantai di malam hari, Wisatawan juga di perbolehkan nge Camp di pantai ini lho.


Namun harus menjaga kebersihan dan menjaga pantai ini ya. Untuk tenda biasanya wisatawan membawa sendiri-sendiri atau sanggup sewa di sekitaran pantai ini.


NgeCamp di pantai Pok Tunggal sangat mengasyikkan apalagi ketika mulai matahari karam alasannya pantai ini salah satunya pantai di Gunungkidul yang menghadap ke Barat jadi sanggup melihat sunset yang indah lho.


Ketika malam hari tiba biasanya menciptakan api unggun untuk menghangatkan tubuh namun ini menjadi momok sampah yang akan menciptakan wajah pantai menjadi kotor. 

Nah wisatawan wajib membersihkan ibarat semula bila tidak ingin kena hukuman dari pengelola ya.


Ada Sumber Air Bersih di Pantai Pok Tunggal


Selain pantainya yang manis dan pantas di acungi jempol ternyata di pantai Pok tunggal juga mempunya sumber mata air yang sangat bersih.


Terletak di bawah bukit sebelah Utara di bawah pohon besar yang airnya walaupun animo kemarau tidak pernah mengering.

Sumber air ini di manfaat kan oleh warga setempat semenjak jaman dahulu sebagai sumber air penghidupan warga Tepus, warga masyarakat dahulu menyebutnya (ngangsu) mengambil air dari bibir Pantai Pok Tunggal ini.


Hingga ketika ini masih di fungsikan sebagai sumber air higienis bagi warga setempat dan juga bagi pengusaha toilet, penginapan, dan juga rumah makan yang berapa di pantai Pok tunggal ini.


Fasilitas dan Tiket Masuk Ke Pantai Pok Tunggal


Meskipun tergolong pantai yang masih baru, pantai Pok Tunggal mengalami perubahan yang sangat pesat alasannya wisata pantai nya yang menawan.


Fasilitas yang berada di Pantai Pok Tunggal ini sudah tidak mengecewakan lengkap lho bagi traveler, yakni ibarat toilet, parkiran yang luas, penginapan, rumah makan, serta mushola.


Tiket masuk ke pantai Pok tunggal masih satu kesatuan dengan jajaran pantai lainnya ibarat Pantai Indrayanti, Sundak, Baron dan sekitarnya jadi tiketnya menjadi satu yakni per orang Rp. 9.500;
Tag : pantai
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute Dan Tiket Masuk Ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul"

Back To Top