Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Rute Dan Lokasi Penderasan Sidoharjo Kulonprogo


Rute dan Lokasi Air Terjun Sidoharjo Kulonprogo





Kota Yogyakarta sangat lengkap sekali tempat lokasi wisatanya, tidak hanya lokasi wisata budayanya dan pantainya saja namun di Yogyakarta juga mempunyai wisata jeram atau Curug yang sangat indah.


Seperti halnya Air Terjun Sidoharjo di kabupaten Kulonprogo ini. Banyak orang menyebut Air Terjun Sidoharjo ini yakni jeram tertinggi di kulon Progo dan bahkan tertinggi di kota  Yogyakarta.


Air terjun ini mempunyai ciri khas tersendiri yakni ketinggian air terjunnya serta pemandangan alam di sekitarnya, masih sangat alami dan belum begitu ramai wisatawan. Wisatawan kala ketempat ini sanggup bermain air namun selalu hati-hati ya apalagi ketika trend penghujan tiba jeram nya akan lebat.




Lokasi

Lokasi jeram ini berada di dusun Gonolangu, desa Sidoharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo. Titik Koordinat GPS Air Terjun Sidoharjo -7.670153,110.202618


Rute Menuju Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo


Dari kota Yogyakarta Air Terjun Sidoharjo ini berjarak kurang lebih 30km dan sanggup di tempuh dengan kendaraan eksklusif kurang lebih 1 jam perjalanan


Yogyakarta > perempatan Ring Road Demak Ijo > Jalan Godean > Jembatan sungai Progo > ada perempatan Nanggulan belok ke kanan ( ambil ke arah utara) > ada perempatan Dekso ambil arah ke kiri (menuju ke arah Samigaluh) > ada pertigaan di jalan menanjak >  ambil kanan > MTs Sidoharjo > sehabis Mts ambil kanan masuk jalan kecil di sebelahnya > Air Terjun Sidoharjo


Nb. Jika merasa resah silahkan bertanya kepada warga masyarakat setempat.


Pesona Keindahan Air Terjun Sidoharjo



Setelah hingga di parkiran warga perjalanan masih berlanjut dengan jalan kaki melalui Medan persawahan penduduk. Tak usang kemudian wisatawan akan mendapati anak terjun kecil sebelum hingga di Air Terjun Sidoharjo ini. 


Perjalanan masih berlanjut dan sampailah di Air Terjun Tertinggi di kota Yogyakarta.

Suara gemuruh air jatuh seolah menyambut kedatangan kami dengan percikan air segar kolam gerimis yang mengenai wajah kami, terasa segar apalagi ketika trend panas.


Air Terjun Sidoharjo ini mempunyai ketinggian kurang lebih 70meter, dengan air yang tidak mengecewakan besar ketika trend penghujan, namun kala trend kemarau debit air nya biasanya berkurang. Sehingga wisatawan banyak berkunjung ke tempat ini biasanya ketika trend penghujan.


Berselfie diantara jeram Sidoharjo dengan view pemandangan alam yang hijau royo-royo menciptakan hasil jepretan sangat anggun sekali.


Wisata alam yang berada di desa Sidoharjo sangat menarik untuk di kunjungi, wisatawan sanggup bermain air di lokasi jeram namun dengan catatan sanggup berenang ya. Hati-hati di lokasi wisata alasannya sangat licin batuannya.


Untuk mengunjungi tempat wisata ini lebih baik memakai sepeda motor alasannya jalan masuknya masih sangat sempit.


Fasilitas dan Tiket

Air terjun Sidoharjo ini masih dalam pengembangan masih minimnya akomodasi akan lebih baiknya wisatawan membawa perbekalan dari rumah menyerupai masakan dan minuman.


Harga tiket masuk ke daerah wisata masih gratis, wisatawan hanya di kenakan tarif parkir saja. Untuk motor Rp.2.000;




Nah itulah tadi wisata jeram Sidoharjo yang ada di Kulonprogo, sangat recomended untuk aktivitas wisata Anda selanjutnya. Selalu jaga alam kita, jangan membuang sampah sembaranga dan selamat berwisata.
Tag : wisata jogja
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Rute Dan Lokasi Penderasan Sidoharjo Kulonprogo"

Back To Top