Cari Blog Ini

Ayo Berwisata Di Jogja Asal Muasal Goa Tanding Wisata Terbaru Di Gunungkidul Yogyakarta

Goa Tanding Wisata Terbaru di Gunungkidul Yogyakarta Ayo Berwisata di Jogja Asal Muasal Goa Tanding Wisata Terbaru di Gunungkidul Yogyakarta

 Goa Tanding Wisata Terbaru di Gunungkidul Yogyakarta


Gunungkidul lagi lagi banyak wisata gres yang selalu bermunculan di kabupaten ini. Memang kabupaten Gunungkidul dikala ini gres di buru oleh wisatawan. Seperti belum usang ini kabupaten Gunungkidul meluncurkan wisata alam yang gres dan bahkan sangat keren sekali. Yups namanya Goa Tanding atau Gua Tanding. Goa Tanding ini lokasinya berada di erat Goa Pindul yang sudah terlebih dahulu terkenal. Di benak saya Goa Tanding ini tampaknya di buat untuk menandingi Gua Pindul sesuai dengan namanya "Tanding" alasannya yaitu kita tau sendiri Goa Pindul ini begitu ramai pengunjung, populer dan menjadi penyedot wisatawan kedua sesudah pantai, banyak yang di untungkan dengan ada nya wisata Pindul ini, sampai-sampai tersiar kabar terjadi perselisihan antara Pemkab dan warga masyarakat soal Pindul ini, namun sesudah saya telusuri ternyata "Tanding" ini bukan pertandingan atau menandingi Goa Pindul walaupun letaknya berdekatan.



Goa Tanding ini terletak di dusun Gelaran II, desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Goa Tanding  -7.933892,110.651536  . Asal muasal nama Goa Tanding ini ketika ada warga masyarakat Bejiharjo yang ingin menciptakan sumur air yang bernama Harto Tanding usang kelamaan menggali sumur namun tak kunjung mendapat air yang keluar dan niat mbah Harto Tanding ini ingin menggali semakin dalam Al hasil ketika linggis alat untuk menggali sumur mbah Harto Tanding ini menembus rongga yang berada di perut bumi, dan secara tidak sengaja Goa ini di temukan oleh Mbah Harto bersama keluarganya, mulanya Goa Tanding ini tidak ada susukan keluar masuk kecuali melewati sumur mbah Harto. Karena situasi gua di dalam tanah ini cukup luas dan melebihi goa Pindul yang sudah usang populer alhasil gua ini di namakan "Gua Tanding" nama Tanding sendiri diambil dari nama mbah Harto Tanding yang menemukan jalan pertama kali menuju goa bawah tanah ini.


Setelah di lakukan penelitian, pemetaan dan juga penggalian lagi Goa Tanding ini memang layak untuk di jadi kan kawasan wisata gres yang homogen dengan goa Pindul, bahkan Goa Tanding ini lebih luas dan lebih panjang dari pada Goa Pindul, jalan masuknya sebelumnya hanya melalui sumur mbah Harto kini sudah di bangkit pintu masuk ke Gua Tanding ini sehingga untuk memudahkan susukan menikmati indahnya wisata susur air bawah tanah. Sebelumnya Goa Tanding ini hanya gelap gulita dan kurangnya sirkulasi udara namun kini sudah di buat lubang untuk pergantian udara. Selain tidak jauhnya Goa Tanding ini dari Goa Pindul kedepannya Goa ini akan menjadi wisata alternatif gres ketika Goa Pindul membludak pengunjung yang belakangan ini dari satu hari pengunjung Pindul mencapai puluhan ribu wisatawan ketika libur panjang tiba.


Goa Tanding ini sebetulnya masih satu pedoman sungai bawah tanah dengan Goa Pindul namun kalau di Goa Pindul hanya sanggup di lakukan dengan cave tubing (menyusuri sungai dengan ban dalam) sedangkan untuk di Goa Tanding sendiri sanggup menggunakan bahtera karet dan sanggup di naiki secara berkelompok. Goa Tanding ini mempunyai kedalaman air mencapai 4 meter dan tinggi dari permukaan air hingga atap goa mencapai 5 meter hingga 16 meter, sedangkan lebar gua sendiri kurang lebih 4 meter hingga 9 meter sesuai dengan kontur goa dan sangat bervariasi, Goa Tanding ini mempunyai panjang atau jarak susur hingga 460 meter wah sangat panjang, luas dan di pastikan kita dikala susur sungai tidak akan kepentok watu hehe..


Situasi di dalam goa stalagmit dan stalagtit menjadi hiasan yang begitu menakjubkan ketika kita berada di Goa Tanding ini namun yang masih disayangkan di dalam Goa belum ada penerangan khusus jadi masih sangat gelap alasannya yaitu kita hanya mengandalkan lampu senter saja. Batuan yang kuning keemasan sangat berkilau ini akan menemani kita sepanjang kita menyusuri Goa Tanding ini menggunakan bahtera karet yang berisi 6 orang wisatawan.

Fasilitas
Untuk menikmati susur sungai di Goa Tanding ini perlu merogoh uang cukup mahal dari pada di Goa Pindul, alasannya yaitu per orang di kenakan tarif Rp. 250.000 dan usang penyusuran kurang lebih 1jam 30menit, cukup usang bukan selain itu kita mendapat kemudahan sebagai berikut,

Perahu karet, pemandu wisata per bahtera 1 pemandu, perlengkapan keamanan menyerupai (helm, pelampung,dll), kawasan istirahat menyerupai gazebo, dan makan.

Rute, Jalan, Peta Lokasi menuju Goa Tanding Gunungkidul

Dari kota Yogyakarta berjarak 40km dan sanggup Anda tempuh dengan kendaraan langsung selama 1jam 20 menit, berikut ini rute paling efektif untuk menuju Goa Tanding,
Yogyakarta > Jl.wonosari (Ringroad Ketandan) > Wiyoro > Piyungan > Patuk.bukit bintang > perempatan Gcd lurus aja > Sambi Pitu > hutan Bunder > perempatan Gading sebelum hingga Langan udara (belok ke kiri ikuti jalur menuju goa Pindul) > ngijo Rejo > Baju harjo > Goa Pindul (ketimur sedikit lagi ) > Goa Tanding.
Goa Tanding Wisata Terbaru di Gunungkidul Yogyakarta Ayo Berwisata di Jogja Asal Muasal Goa Tanding Wisata Terbaru di Gunungkidul Yogyakarta

Penting!!! Bila Anda galau Anda sanggup bertanya kepada penduduk sekitar perihal lokasi goa tanding ini atau kalau Anda melihat di jalan-jalan jasa antar ke goa Pindul minta tolong saja untuk mengantar ke goa tanding, damai saja kita sudah tidak akan di mintai biaya pelengkap untuk pengantar alasannya yaitu itu sudah koordinasi Mereka.
Selamat berwisata :)
Tag : wisata
0 Komentar untuk "Ayo Berwisata Di Jogja Asal Muasal Goa Tanding Wisata Terbaru Di Gunungkidul Yogyakarta"

Back To Top